Minggu, 01 Agustus 2010

Jalan-jalan to old batavia...

Huuuuft...sekian lama si nona bergabung ama milis sahabat museum, belum pernah sekalipun ikutan Pintong (pindah tongkrongan) atau PTD (plesiran tempo doeloe). Untuk kali ini, terlintaslah di benak si nona untuk ikutan PTD to Kasteel Old Batavia.
Akhirnya...berangkat juga jam 6 pagi dr rumah demi kumpul di Museum Mandiri jam 07.30. Di sana diterangkan dulu asal muasal VOC sebagai perusahaan dagang di Belanda yang tadinya benar2 bertujuan mencari dan berdagang rempah-rempah ke daerah timur nun jauh di sana. Ceritanya panjang nian, sampai pada intinya mereka membangun benteng untuk melindungi kota batavia yang di dalamnya terdapat kasteel. Ternyata...melalui penyelidikan dan riset yang mendalam ditambah mapping sana-sini...ada 1 reruntuhan di daerah kota lama yang dulunya merupakan pojokan benteng tersebut (bastion).
Keren banget pokoknya...membayangkan ada benteng di situ. Sayangnya...kondisi sekarang sangat mengenaskan, tidak terawat dan dijadikan apa ya...tempat tinggal pemulung juga ngga sih. Pokoknya bangunannya masih kokoh, dulu menjadi gudang amunisi atau mungkin rempah.
Si nona banyak motret di PTD ini, karena menurut si nona banyak bangunan tua di Jakarta yang bagus.
Aaaah...begitu banyak yang ingin ditulis dan diceritakan tapi si nona ga pintar bercerita jadi udah dululah...nanti kalau ada yang melintas di kepala lagi akan ditulis lagi.

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)