Kamis, 25 Juni 2009

mendengarkan musik negeri sendiri

mungkin bisa dibilang si nona adalah orang yang paling tidak nasionalis. kenapa bilang begitu? begini...dari dulu jaman sekolah sma, si nona jarang banget mendengarkan lagu negeri sendiri. kalaupun mendengarkan, hanya beberapa judul yang benar2 disuka. kebiasaan tersebut terus berlanjut sampai kuliah dan kerja sekarang. alasan tidak mendengarkan lagu sendiri adalah karena lagu tsb menggunakan bahasa ibu jadi langsung mengerti apa yang dimaksud dengan lirik lagunya, dan biasanya langsung ilfil.
menurut si nona ga ada tantangan untuk berusaha mencari makna lagu itu. lain halnya jika mendengarkan lagu non indonesia (mau bahasa inggris, jepang, or india...), kalau ada lagu yang disuka...si nona pasti tertantang untuk mencari lirik lagunya, mencari terjemahan liriknya, dan memaknai lirik lagu tsb. senang kalau akhirnya mengerti makna lagu tsb dan ternyata baguuuussss bangettts.
jadi bukan mau sok-sokan dengerin lagu non indonesia...tapi ada hal lain di balik itu. ditambah itung2 belajar bahasa lain melalui lagu, karena sering mendengarkan lagu jadi ngerti bagaimana pelafalan suatu kata. menyenangkan deh pokoknya...
hanya akhir2 ini...kebiasaan itu mulai bergeser. seiring dengan seringnya si nona nongkrong di kantor, sementara temen2 kantor lebih memilih mendengarkan lagu sendiri lewat radio...jadilah si nona ikut mendengarkan lagu2 tsb. walau ga tau siapa yang nyanyi...jadi lumayan akrab juga dengan lagu sendiri, terutama lagunya gita gutawa yang parasit. hmpppphh...that's my favourite song right now.
well...sekarang lagu yang didengarkan adalah lagu yang ear-catching...mau bahasa indonesia ato non indonesia. lumayan menyenangkan ternyata...hmmm...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)