Senin, 08 September 2014

[JALAN-JALAN] Onsen ala Indonesia, Sari Ater di Ciater Subang, Jawa Barat

Hellooo...\( ˆoˆ)/\(ˆoˆ )/

Ish, Dina jalan-jalan lagi? 

Eheeee~ Iyaaaa...kali ini saya sedikit maksa ke suamik biar bisa ikutan ke sini. Jadi gini, sekitar tiga minggu yang lalu suamik cerita ke saya, kalau kantornya bakal mengadakan rekreasi karyawan. Ke mana? Suamik bilang akan ke pemandian air panas Sari Ater di Ciater, Subang. Huaaaa...saya langsung berbinar-binar dan bertanya, eh...boleh ajak keluarga nggak? Secara kalau rekreasi karyawan, di kantor saya dulu sebutannya "outing" dan itu bener-bener cuma karyawan yang pergi, dan kegiatan di tempat wisata biasanya berupa tim building gitu.

Terus kata suamik, boleh ajak keluarga tapi bayar sendiri. Saya bilang, ikut ya...please, pretty please. Kenapa saya maksa suamik buat ajak saya ke Ciater? Gini, saya pengen banget berendam air panas tapi kalau ajak suamik pergi sendiri itu artinya cuma bisa weekend (jatah cuti udah diambil lebaran). Sementara ke Ciater di weekend itu artinya penuh orang. Males banget kan? Ditambah, terakhir ke Ciater itu bareng jeng Antie (sahabat saya), dan saya cuma berani ngerendam kaki di saluran air panas. Mau berendam di kolam rendam harus bayar lagi, dan agak mahal. Jadi ya cuma duduk-duduk aja gitu di tamannya, dan nggak bisa lama karena kemudian hujan. Memori daun pisang bersama sahabat :)). 

Akhirnya saya pergi juga sama suamik. Hehehe~



Berhubung suamik kedapetan tugas jadi panitia, kita berangkatnya duluan. Pesertanya baru berangkat tanggal 2, sementara kami berdua dari tanggal 1 udah dadah babay dari Jakarta. Jalan ke Ciater tapi mampir dulu ke Bandung karena kangen makan di Dago Panyawangan, yang sumpaaaah...makan di sana pada hari Senin itu sungguh nikmat dan sepi. Kalau weekend? Ish. Jangan tanyak, harus masuk daftar tunggu dulu. Setelah makan, baru menuju ke Ciater.

Semua panitia dan peserta menginap di hotel Sari Ater. Kenapa di Sari Ater? Karena hotel ini punya ruang serbaguna yang cukup luas dan bisa menampung banyak orang, juga letaknya yang satu komplek dengan kolam air panasnya. Jadi harga kamar hotel sudah termasuk pass masuk kolam air panas bulak-balik, kecuali kamar berendam. Ke Sari Ater nggak bisa berendam, buat apa ke Sari Ater???

*slapped*

Senin sore, suamik lagi sibuk kerja dengan teman-teman panitia, saya jalan-jalan sendirian ke area kolam air panas. Agak kaget, karena ternyata sekarang Sari Ater sudah jauh lebih rapi dan cantik dibandingkan dulu. Kalau kolam rendam, memang sudah rapi dari dulu. Sekarang saluran air panas yang terbuang dirapikan, jadi nggak ada lagi orang yang duduk-duduk di pinggir jalan dan merendam kaki. Sebagai gantinya, disediakan kolam khusus rendam kaki. Sore itu, saya langsung coba dooong...dan berasa jadi obaa-san di Jepun sana XD. Lalu kolam bebas berendam (yang nggak usah bayar lagi) juga sudah dirapikan, pokoknya kelihatan menyenangkan.


Yang bikin kaget juga, meskipun hari itu adalah hari kerja, pengunjung yang datang banyak juga. Saya coba masuk ke kolam rendam Mayang Sari (kenapa dikasik nama kayak artis?). Haaaa...di kolam malah lebih banyak bapak-bapaknya. Beneran deh, para ojii-san ini pada sukak berendem ya? Ya saya nggak jadi berendem deh, nggak pede karena sendirian. Padahal udah bawa baju renang, tinggal ganti doang. Ya udah, saya cuma mengamati saja dulu. Terus nanya ke petugasnya, kolam renang buka jam berapa besok pagi...jawabannya buka 24 jam. Hoooo... Saya nggak ambil gambar di kolam rendam Mayang Sari ini, nggak enak sama pengunjung yang lain.

Sebenernya pengen coba berendam di malam hari, katanya enak banget tapi karena udah ngantuk, ya nggak jadi. Habis makan di restoran langsung balik kamar buat tidur, sementara suamik masih koordinasi dengan panitia yang lain. Nah, Selasa paginya...selesai sholat Subuh, kami berdua jalan ke kolam rendam. Hoaaa...masih gelap, tapi beberapa orang tampak sudah berendam. Saya nggak buang waktu dan langsung ganti baju renang. Basahin badan dengan air panas (pakek gayung yang disediakan), habis itu berendam...

Ya Tuhaaaaan, it was so gooooood
Terima kasih sudah menciptakan pemandian air panas alami inih.

Hahaha, karena belum pernah ke onsen di Jepang, saya nggak bisa membandingkan keadaan airnya. Yang jelas cara mandinya beda. Di Jepang (yang saya baca), semua orang sebelum masuk ke kolam harus membersihkan badannya terlebih dulu. Ya mandi pakai sabun dan shampo buat rambut, bilas yang bersih, baru masuk ke kolam rendam. Di sini, kayaknya nggak ada yang mandi pakai sabun dulu, semua langsung nyebur ke kolam XD. Oh ya, walaupun ini airnya panas bukan berarti aman untuk diminum ya. Kandungan mineralnya cukup banyak, dan airnya bersifat asam (pH berkisar 2-3). Rasa airnya sedikit asin dan slightly ada rasa kayak obat sariawan. Kalau kena mata, rasanya pedih. Saya berendam juga nggak bisa lama-lama, tiap beberapa menit naik ke pinggiran kolam. Baru nanti masuk lagi, dan berendam sampai bahu. Saya bilang sama suamik, hey...i'm addicted to this.

Selesai berendam, kami pergi sarapan. Hotel menyediakan menu sarapan yang lumayan komplet antara menu lokal dan ala barat. Seperti biasa, saya selalu bolak-balik ke meja prasmanan kalau lagi sarapan, semua saya cobain. Hahahah... Balik ke kamar, mandi, terus tidur lagiii... Suamik? Kerja lagi, karena hari Selasa ini adalah hari peserta datang dari Jakarta. Nyaman banget abis berendam air panas terus tidur. Siangnya saya cari makan di sekitar hotel, dan jalan-jalan berkeliling di taman wisata yang ternyata luas banget ya bok. Di peta hotel katanya sik, ada air terjun...tapi saya nggak minat ke sana. Males, karena biasanya kalau di air terjun itu harus naik-turun tangga.





Jalan keliling di taman wisata...ternyata emang ditata banget. Jadi inget, dulu yang nyewain tikar itu sembarangan banget tempatnya. Sekarang ada area khusus buat duduk-duduk pakai tikar. Pengen sik, leyeh-leyeh di tikar sambil dengerin suara air mengalir tapi (lagi-lagi) karena saya sendirian, saya nggak berani. Takut ketiduran terus bablas sampek malem ngejogrok di situ XD. Ada area bermain untuk anak-anak, kolam dengan perahu bebek dayung, wahana flying fox, dan ada 3 kolam rendam lagi (namanya lupa). Acungkan 2 jempol buat pengelolanya.





Note : nggak kenal sama yang maen flying fox, foto random ajah~

Hari Rabu pagi, saya berendam lagi doong~ Hahaha, pokoknya puas-puasin main di kolam rendamnya. Nggak tahu kapan lagi bisa main ke sini. Bisa dibilang ini our sweet escape from Jakarta, hari kerja bisa main ke Ciater dan Bandung, udah top banget. Terus hotel tempat menginap juga memuaskan (saya lupa fotoin kamar). Moga-moga bisa balik nginap di situ lagi. Keluar dari hotel, kami ke arah Bandung lagi. Makan siang dan sholat di restoran Sindang Reret, lalu menuju ke Bandung dan lanjut ke Jakarta.



Sepaket nasi timbel ayam. Nom....nom...nom...:)

Thank you for reading and have a great day~

Salam,
Dina













1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)