Selasa, 10 September 2013

[EVENT] Anime Festival Asia Indonesia 2013 and I Love Anisong Concert

Halo temans ^___^

Ish, hampir seminggu nggak update blog :D. Lagi nggak mood nulis dan ambil foto buat cerita produk, padahal bahannya sudah ada di draft. Lagipula pikiran saya sudah sibuk memikirkan cerita akhir minggu kemarin. Hihihi :)

Emang ada apa sik, akhir minggu kemarin?

Huwooo, saya dan suamik main ke Anime Festival Asia Indonesia (AFAID) 2013  di Jakarta Convention Centre. Bisa dibilang ini ajang kumpul-kumpul pecinta anime dan Jepang, yang terbesar di Indonesia. Anime Festival Asia ini diadakan di tiga negara : Indonesia, Singapura dan Malaysia. Di Indonesia diadakan tanggal 6 - 8 September 2013. Di Singapura akan diadakan pada tanggal 8 - 10 November 2013. 

Eheee...walaupun kami berdua menyenangi anime tapi setelah menikah, malah jarang nonton anime bareng. Kalau suamik, tentu saja waktunya sudah habis untuk bekerja di kantornya. Kalau saya, masih nonton di Animax tapi tentu saja judul yang disiarkan adalah judul yang sudah agak lama. Yang baru-baru? Harus streaming di internet dan mata sudah nggak kuat menatap layar komputer terlalu lama. Wis tuwek :D. Jadi, kami main ke AFAID itu pengen lihat-lihat, ada apa sih di sana? Selain ada agenda lain siiik...

Lalu ada apa saja di AFAID?

Tentunya ada pameran produk yang berkaitan dengan anime : action figure, card, manga, dan dvd anime. Juga yang berhubungan dengan japan pop culture : cosplay, maid/butler cafe, fashion, dan makanan. Lalu ada beberapa acara di panggung utama sebelum konser berlangsung, dan tentu saja yang kami berdua tunggu-tunggu, I Love Anisong Concert. 


Dari dua minggu sebelumnya kami sudah membeli tiket dari tiket.com. Sengaja beli online karena takut kehabisan kalau beli on the spot. Untung juga kami beli secara online karena yang beli di tempat itu antriannya mengular, panjaaaang. Tadinya kami terjebak dalam antrian tersebut karena berpikir tempat penukaran voucher dengan tiket, antriannya sama. Sempat mau protes sama panitia, kenapa antriannya jadi satu...buat apa beli online? Ternyata...emang kami yang oneng, tidak melihat bahwa tempat penukaran tiket antriannya beda. Untung deh...:)

Kami tidak berlama-lama di tempat pameran karena suasananya sesak bukan main. Jadi pusing karena kebanyakan orang :D. Juga tidak menonton acara di panggung utama yang dipandu oleh Stella Lee dan Danny Choo karena lebih memilih untuk makan siang di luar. Ya sik, karena memang tujuan utama kami menonton Anisong Concertnya. Takut udah kecapean duluan sebelum nonton :D. Wis tuwek.

Arena pameran yang ramai bukan main...


Sempat ambil gambar kit dari Gundam Strike Freedom yang dikemudikan Kira Yamato di Kidou Senshi Gundam Seed...


Sayangnya, kaca raknya itu sudah dipegang-pegang begitu banyak pengunjung jadi nggak bening lagi :(. Bisa nggak sik, lihat aja tanpa menyentuh kaca....*ngedumel*

Kami memutuskan untuk keluar arena dan akan kembali menjelang konser, melewatkan acara panggung utama yaitu Artiste Appearance. Foto di bawah saya ambilkan dari akun Facebook Anime Festival Asia.

Ki-Ka : Stella Lee, fripSide, BabyMetal, Kalafina, Danny Choo

Ki-Ka : Stella Lee, Eir Aoi, Aya Hirano, May'N, Danny Choo

Menjelang sore, kami kembali ke area konser dan harus menunjukkan tiket serta gelang yang harus dipakai di tangan. 



Masuk ke dalam arena konser nggak boleh bawa kamera (tapi ada aja yang lolos sik..) serta makanan dan minuman. Saya kan orangnya jujuuur, dibilang nggak boleh bawa kamera ya nggak bawa, nggak boleh ambil foto ya nggak ambil foto. Eh ambil ding...sedikit. Sebelum mas DJ memulai acara...


Kami berpikir, ah..mungkin penontonnya nggak banyak. Ternyata salah...karena penontonnya buanyaaak bangets. Membludak baik di kelas VIP dan GA. Speechless deh, dan salut juga karena banyak juga yang bela-belain datang dari luar Jakarta, ada juga yang datang dari Singapura dan Malaysia O_o.
Here's the crowd...


Saya dan suamik ada di antara mereka...*nyengir*. Kami dapat tempat duduk di baris N no 54-55. Pemandangan ke panggung lumayan bagus, ke layar bagus tapi bikin sakit leher karena harus sedikit mendongak.

Acara dibuka dengan penampilan DJ siapa ya, lupa namanya...yang nge-mix opening atau ending beberapa anime. Beberapa lagu saya kenal karena sempat nonton animenya, ada juga yang nggak tahu karena lama sekali nggak update anime baru :). Setelah penampilan DJ ada beberapa pengumuman dan langsung dibuka dengan penampilan fripSide.


fripSide ini merupakan duo yang terdiri dari Satoshi Yaginuma (komposer/arranger/programmer/lirik/guitar) dan Yoshino Nanjo (vokalis), dengan jenis aliran musik trance dan pop. Jadi inget musiknya Move atau Globe gitu deh :D. Ternyata, mas Satoshi dulu ngefans sama TM Network (Tetsuya Komuro : arranger Globe). Pantesaan...

Lagu-lagu fripSide banyak dipakai sebagai opening atau ending anime, tapi saya dan suamik udah banyak nggak tahu dari anime apa :D. Kami nikmati saja lagu-lagu yang dinyanyikan. Ini lagu terakhir yang dinyanyikan : sister's noise.



Penampilan berikutnya adalah BabyMetal, yang nampaknya sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemar musik Jepang yang datang, mungkin karena lagunya yang kenceng tapi dinyanyikan oleh penyanyi yang kawaiiiii :D.


BabyMetal terdiri dari 3 orang penyanyi perempuan, masih imut-imut semua sekitar umur 14-15 tahun yaitu Suzuka Nakamoto, Moa Kikuchi dan Yui Mizuno. Hahaha...saya capek mendengarkan lagu mereka, capek telinga dan capek otak, karena isinya hanya teriakan-teriakan melengking dan bunyi gitar yang meraung kencang. Untung singlenya belum banyak. Sila cari di youtube untuk videonya. Nggak tega buat pasang videonya di blog ini :D

Penampilan terakhir, yang paling ditunggu-tunggu, paling banyak diminta oleh penonton untuk segera tampil, siapa lagi kalau bukan Kalafina. Persiapan panggung untuk Kalafina lebih lama daripada penampil lain. Mungkin itu tuntutan manajemennya kali ya. Kali ini tampil dengan sistem minus one (karaoke) karena nggak cucok bawa sekian banyak alat musik untuk penampilan yang ternyata cuma sebentar...


Cuma sebentar?

Iya, aku cediiiiih :(. Mereka cuma nyanyik sekitar 7 - 8 lagu, diselingi mengobrol dengan penonton. Well, sambutan terhadap mereka juga paling meriah karena memang yang ditunggu untuk malam ini adalah Kalafina. Akhirnya keinginan saya terpenuhi juga, menonton penampilan live mereka dari dekat dan langsung, bukan hanya lewat video YouTube. Nggak puas memang karena ini bukan konser tunggal mereka, setidaknya mengobati rasa kangen dengan Hikaru, Keiko dan Wakana :).

Secara keseluruhan saya dan suamik puas dengan konsernya. Hanya tempat penyelenggaraan pameran dan konser kurang memadai. Dengan peminat yang membludak seharusnya panitia memilih tempat yang lebih luas, seperti tahun 2012 di Jakarta International Expo. Tahun lalu saya nggak nonton sik, padahal ada Angela di konsernya. Hhhhh...:(. Semoga tahun depan panitia Anime Festival Asia masih mau mampir di Indonesia, membawa artiste yang lebih keren lagi, dan memilih tempat yang lebih representatif. Amiiiiin :).

Terima kasih buat panitia, atas kerja kerasnya :)

Salam,

Dina









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)