Rabu, 18 September 2013

[GDOTD] Hari Lahir Leon Foucault

Halo temans ^____^

Google Doodle hari ini merayakan hari lahir Leon Foucault. 


Doodle interaktif ini didasarkan pada pendulum Foucault, perangkat radikal yang diciptakan untuk menunjukkan efek rotasi bumi, dan memungkinkan pengguna untuk memanipulasi mata pendulum untuk berayun sesuai dengan tempat di bumi mereka berada.

Siapakah beliau?


Jean Bernard Léon Foucault (18 September 1819 -11 Februari 1868) adalah seorang fisikawan Perancis yang terkenal dengan penemuan pendulum Foucault, perangkat yang menunjukkan pengaruh rotasi bumi. Beliau juga membuat pengukuran awal dari kecepatan cahaya, menemukan satuan pengukuran eddy, dan meskipun beliau tidak menemukannya, namanya dikreditkan dengan penamaan giroskop (alat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, berdasarkan prinsip-prinsip momentum sudut).

Pada tahun 1851, beliau melakukan demonstrasi eksperimental pertama dari rotasi bumi pada porosnya (lihat gerakan diurnal). Beliau mencapai ini dengan menunjukkan rotasi bidang osilasi bandul panjang dan berat tergantung pada atap Panthéon di Paris. Percobaan ini menjadi populer baik di dunia pendidikan maupun umum. Foucault pendulum ini ditampilkan di kota-kota besar di seluruh Eropa-Amerika dan menarik massa untuk melihatnya. 

Jadi ya, buka Google search hari ini di laptop atau PC (tidak bisa di handphone atau perangkat mobile lain), lalu nikmati Google Doodle of The Day. Tentu saja sambil belajar mengenai tokoh yang hari lahirnya dirayakan Google :).

Sumber : www.wikipedia.com dan www.independent.co.uk



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)