Kamis, 16 Januari 2014

[GOOGLE DOODLE] Hari Lahir Dian Fossey ke-82

Hallooo...(^o^)/

Apa kabar hari ini? Semoga semua sehat ya.


Google hari ini merayakan hari lahir Dian Fossey yang ke 82. Lahir pada tanggal 16 Januari 1932, Dian Fossey adalah seorang zoologist dari Amerika yang melakukan studi ekstensif tentang kelompok gorila selama 18 tahun. Beliau mempelajari perilaku kelompok gorila ini dengan mengamati perilaku mereka sehari-hari di hutan pegunungan Rwanda. Beliau tertarik mempelajarinya setelah mendapat dorongan dari antropolog terkenal Louis Leakey. Bukunya yang terkenal, berjudul Gorillas in The Mist terbit tahun 1983, berupa cerita gabungan antara studi ilmiah mengenai gorila gunung yang dilakukan di Karisoke Research Center dan pengalaman pribadi Dian Fossey. 



Fossey disebut sebagai ahli primata terkemuka di dunia saat beliau masih hidup. Bersama dengan Jane Goodall dan Birute Galdikas, mereka dikenal sebagai The Trimates. Ketiganya mempelajari primata besar selain manusia, Jane Goodall mempelajari simpanse; Birute Galdikas mempelajari orangutan; dan Dian Fossey mempelajari gorila. 

Dian Fossey ditemukan meninggal terbunuh di kabinnya pada tanggal 26 Desember 1985. Pembunuhnya memasuki kabin dengan membuat lubang di dinding kabin. Motif pembunuhan diperkirakan adalah perampokan, tetapi semua benda berharga Fossey (cek perjalanan, uang tunai, dan peralatan foto) tidak disentuh samasekali. 

Baca di Wikipedia, ada beberapa kontroversi menyangkut meninggalnya beliau, agak berat kalau dibahas di sini karena menyangkut pemerintahan dan politik negara Rwanda. Bagusnya, berkat Dian Fossey sekarang rakyat Rwanda menjadi lebih menghargai gorila dan tidak lagi membunuh mereka. Jujur, kalau Google tidak membuat Doodle tentang Dian Fossey di halaman utamanya, saya tidak akan membuka halaman Wikipedia tentang beliau. Thanks Google! 

Salam,

Dina



2 komentar:

  1. Nice tribute!!
    http://www.youtube.com/watch?v=AtCHMyhljz8

    BalasHapus
  2. Thank you! I already watch the YouTube video :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)