Selasa, 21 Mei 2013

[PERSONAL] Mengejar Tikus...

Halo temans ^____^

Hampir 2 tahun sejak saya pindah dari rumah orangtua di Jakarta Selatan, ke rumah suami di Tangerang.  Mulai pertama pindah, syukur alhamdulillah...di rumah nggak ada hewan-hewan yang agak besar.  Paling ketemunya cicak, laba-laba, semut atau kecoak, yang saya yakin pasti ada di setiap rumah.  Hehehe...suka kaget sendiri juga sih, kalau tiba-tiba ada yang nongol dari balik lemari dan pluuuk...jatuh ke lantai :D.

Hewan yang agak besar itu maksudnya tikus atau kucing.  Kalau kucing, lumayan sering mondar-mandir di jalanan komplek atau nongkrong-nongkrong malesin di garasi mobil.  Selama nggak buang air besar di teras, saya nggak misuh-misuh laaah... Yang menyebalkan adalah tikus.  Namanya juga komplek lama, kebanyakan sampah rumah tangga dibuang ke bak sampah terbuka yang ada di depan masing-masing rumah.  Well, sampah rumah tangga kebanyakan sisa-sisa makanan dooong...jadilah bak sampah terbuka itu ajang pesta para tikus. Hiiiii... Kalau lagi jalan ke depan komplek, suka kaget karena tiba-tiba ada yang menyeruak lari terbirit-birit dari bak sampah.  Tikusnya kaget juga karena tiba-tiba saya lewat :D.

Awal-awal pindah, pintu pagar rumah belum ditutup mika, masih ada jarak yang lumayan besar di antara jeruji-jerujinya.   Sewaktu belum menikah, suami jarang membuang sampah sisa makanan makanya nggak ada tikus yang mengorek-ngorek tong sampah rumah.  Setelah saya pindah, mulai masak sendiri dan kadang membuang sampah sisa makanan atau potongan sayur, mulailah juga tikus-tikus ini mencari makan di tong sampah kami.  Kesal karena nggak menemukan jalan masuk ke tong sampah, akhirnya si tikus buang air besar di teras.  Grrrrrrrh....

Saya komplain ke suami, dan akhirnya diputuskan untuk menutup bagian bawah pagar dengan plastik mika tebal, untuk menutup jalan masuk tikusnya.  Fiuuuuuh, berhasil.  Tikusnya nggak masuk lagi ke teras :).  Lalu saya iseng nanya ke suami, kalau tikusnya masuk lewat saluran air kotor bagaimana?  Jawaban suami menenangkan hati saya, karena dia bilang...di saluran air kotor sudah dipasangi kawat kasa, jadi tikusnya nggak bisa lewat saluran air kotor.  Okaaaay...siiiip.

Sampai hari Senin minggu lalu, selesai mandi sore dan saya membuka pintu kamar mandi...tiba-tiba ada sekelebatan berwarna hitam lewat dan masuk ke kamar tidur saya.  Hati saya mencelos, tidaaak...sepertinya itu tikus :(.  Masuk dari mana???  Pintu dapur dan ruang makan ke teras belakang, semua dalam keadaan tertutup.  Pintu depan juga. Pintu dapur ke arah garasi juga tertutup.  Saya beranikan diri untuk cek ke kamar, kok nggak ada ya?   Ah, jangan-jangan saya salah lihat...hibur saya.  Ketika suami pulang kantor, dia juga ikut mencari...nggak ketemu juga.  Oke deh, salah lihat.  Tapi ternyataaaaa...saya nggak salah lihat!  Memang ada tikus, dan dia dengan cantiknya nangkring di tas ransel yang ada di sudut kamar.

Plaaaaak... Buuuuuk... Gedubrak...

Acara mengejar tikus di malam hari dimulai, dan berakhir dengan tikusnya ngumpet di kamar mandi dalam.  Kami gagal menangkapnya.  Semalam itu tikusnya dikurung di kamar mandi.  Untung kamar mandi rumah ini ada 2.  Keesokan paginya, kami minta tolong ke Marwan (sekuriti komplek)  untuk menangkap tikus itu.   Hihihi...suami saya juga takut kalau sama tikus :), makanya kami minta tolong Marwan.  Kejar-kejaran sesi 2 dimulai, tikusnya gesit banget.  Bisa manjat pula... Sesi 2 berakhir dengan kegagalan karena tikusnya melarikan diri ke atas lewat lubang kecil yang memang belum ditutup.

Lubang kecil tadi akhirnya ditutup sementara dengan koran dan batu yang dipalu.  Hati lumayan lega sampai dengan hari Kamis pagi.  Kali ini suami yang pertama melihatnya...  Uaaaah, masuk dari mana lagi ini tikusnya.  Semua pintu kamar kami tutup.  Kejar-kejaran sesi 3 mulai.  Masih dibantu oleh Marwan, kali ini tikusnya tertangkap.  Kata Marwan, ini tikus rumah yang ngerusak dan menggigit, harus dibunuh dulu tikusnya baru dibuang.  Oke deh...:), untung bukan tikus yang gede suka ngorek-ngorek sampah itu... *merinding*

Lega?  Beluuuum... Masih ada cerita lanjutannya.

Hari Minggu malam, saya sedang asik browsing di ruang tengah, suami tidur-tiduran di kamar.... tiba-tiba saya melihatnya lagi.  Astagaaa...tikus ini dari mana sih masuknya?  Suami langsung memutuskan untuk membeli perangkap tikus.  Pulang dari minimarket, suami ketemu bang Tisna (yang suka bantuin bersih-bersih rumah yang agak berat).  Okeeeeh, kejar-kejaran sesi 4 dimulai.
Tikusnya pun lari ke arah dapur dan sembunyi di lemari bawah kompor.  Semua barang di lemari itu dikeluarkan, nggak ada...ngumpet di mana ya???  Akhirnya diputuskan untuk memasang perangkap dengan umpan makanan ikan yang baunya super amis, dan lemari ditutup.

Hasilnya? Yeaaaah...tikusnya kena perangkap, nempel di lemnya :D.

Ya ampuuuuun... mau nangis rasanya.  Yang saya nggak habis pikir, masuk lewat mana tikusnya.  Rasanya semua lubang sudah ditutup.  Kok masih bisa masuk juga.  Akhirnya sekarang saya putuskan, kalau siang hari...saya ada di ruang tengah atau di kamar, pintu ke teras belakang saya tutup semua.  Jendela juga hanya jendela kamar yang saya buka, untuk pergantian udara.  Rasa deg-degan tiap kali melihat tikus di dalam rumah amat sangat tidak baik untuk jantung... Semoga kali ini nggak ada lagi tikus yang masuk.

Maaf ya, posting ceritanya panjang dan nggak pakai gambar pula.  Agak-agak geli mau majang foto tikus di cerita ini,  kecuali tikus yang ini...

sumber : www.mickeymousewatch.net

Hahahaha...thank you for reading and visiting my blog :)

2 komentar:

  1. Hahahaaa,,
    Lucu,, (maaf ya mba Dina,, saia jadi tertawa di atas penderitaan kamu.. hehehe)
    iih itu yg nama nya tikus emang bener2 deh mba,,
    tapi alhamdulillah, selama aku tinggal dgn org tua, gak pernah ada tikus di rumah.. (heran jg sih, pd hal rmh sblh byk banget tikus),,
    tp mungkin krn di rumah saya ada kucing ya,, mba kan tau sendiri, ayah dan adik2 saya penggila kucing (walau ibu benci banget).. Walau kadang ngeselin, sepertinya si komeng (kucing saya) ada manfaat nya sedikit.. (tp kucing saya itu gak suka ee', pipis sm makan makanan yg bau amis tajam looohh, mkn tikus pun gak)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiiiih kamuuuuuh, tertawa di balik penderitaan akuuuuh...
      Iya juga ya, mungkin karena di rumah Anies ada kucing. Aku kan, juga takut sama kuciiing, anjiing, jadi kesimpulannya emang takut sama binataaaang... Makanya nggak pelihara kucing :)). Sumpah deh, itu tikus...geregetan... Hahaha..
      Thank you udah mampir ya Nies.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)