Rabu, 30 Oktober 2013

[MANGA] Skip Beat

Halo temans ^____^

Apa kabar hari ini? Semoga sehat semua ya.

Lama banget saya tidak bercerita tentang komik. Kali ini saya ambilkan dari koleksi manga scanlation yang ada di laptop saya, sebuah komik yang sampai hari ini belum tamat. Hmmm, awal baca komik ini tahun 2005, setelah membaca ulasannya di majalah Animonster (sekarang AnimonStar). Coba, dari tahun 2005 sampai sekarang 2013, dan komik ini belum ada tanda-tanda akan selesai. Komik apa sih?  

Taraaaa... Ini dia. Skip Beat.


Aslinya sik, gambar sampul tankubon volume 1 bukan itu :D. Saya ambil gambar ini karena saya menyukainya, sedikit provokatif. Daripada penasaran, ini saya kasih gambar sampul volume 1.


Diceritakan dan digambar oleh Nakamura Yoshiki, komik ini beraliran shoujo, yang ditujukan untuk pembaca perempuan berumur 15-20 tahun. Diterbitkan pertama kali di majalah Hana to Yume bulan Februari 2002, terbit 1 chapter setiap bulannya. Sampai bulan September 2013, sudah 33 volume tankubon yang diterbitkan di Jepang. Sekarang total chapternya sudah mencapai 205. Rrrr, masih kalah banyak sama Bleach atau Naruto, tapi mereka terbit seminggu sekali. Lah ini...sebulan sekali (-__-).

Bercerita tentang perjuangan seorang anak perempuan berumur 16 tahun, yang berusaha untuk bertahan dan mencapai puncak ketenaran di dunia hiburan, bernama Mogami Kyouko. Kyouko awalnya tidak tertarik dengan dunia hiburan, segala perhatiannya terpusat pada teman masa kecilnya, Fuwa Shoutaro. Lulus SMP, Shoutaro memutuskan untuk meninggalkan rumah keluarganya di Kyoto, untuk menjadi artis musik di Tokyo dengan mengajak Kyouko bersamanya. Sibuk dengan kegiatan bermusik, membuat Shoutaro melupakan Kyouko di apartemen sewaan mereka. Kyouko harus bekerja sambilan untuk meneruskan hidup berdua Shoutaro. Sampai akhirnya Kyouko menemukan Shoutaro sedang membicarakan dirinya (yang sama sekali tidak seksi) dengan perempuan seksi. Kyouko pun marah. Segala kekesalan dan kemarahannya tertumpah, dan Kyouko pun meninggalkan Shoutaro.


Fuwa Shoutaro, menggunakan nama Fuwa Shou setelah terkenal. Keluarganya menjalankan bisnis penginapan tradisional di Kyoto, dan akan mewariskannya kepada Shoutaro. Tentu saja Shoutaro menolak mentah-mentah dan memilih untuk meninggalkan rumahnya. Kyouko diajak ke Tokyo bukan karena Shoutaro mencintainya, tapi karena Shoutaro butuh pelayan di apartemen sewaannya. Dia merasa lebih nyaman jika yang melayaninya adalah orang yang sudah dikenal. Habis manis sepah dibuang, setelah terkenal Shoutaro pun melupakan Kyouko. Hal ini membuat Kyouko dendam kepada Shoutaro, dan menyatakan akan membalas dendamnya.


Ditantang seperti itu, Kyouko merubah penampilan dari yang terlihat biasa saja menjadi luar biasa. Rambutnya dipotong pendek dan dicat. Kyouko juga mengikuti beberapa audisi calon bintang dunia hiburan. Langsung sukses? Tentu saja belum. Sampai akhirnya Kyouko mengikuti audisi yang diadakan agensi LME. Di sini Kyouko hampir lolos, tapi akhirnya dinyatakan tidak lolos oleh bos LME, karena Kyouko dianggap tidak mempunyai rasa cinta. Rupanya rasa dendam kepada Shoutaro membuat Kyouko memutuskan untuk tidak jatuh cinta lagi dan menghilangkan rasa cinta dari hati dan pikirannya. Hal ini sangat disayangkan oleh bos LME, karena dia melihat Kyouko sebagai gadis yang punya potensi besar di dunia hiburan. Merasa sayang dengan potensi Kyouko, bos LME pun membuat seksi baru di LME bernama Love Me Section dan merekrut Kyouko di dalamnya.


Sebelum resmi bergabung dengan Love Me Section, Kyouko bertemu dengan Tsuruga Ren, seorang aktor muda sekaligus model yang super ganteng, jangkung, ramah dan lembut. Tipikal aktor drama yang sering membuat lawan mainnya kelepek-kelepek saking ramahnya. Ren bertanya ke Kyouko, apa tujuannya masuk dunia hiburan? Kyouko menjawab untuk membalas dendam kepada Fuwa Shou. Ren yang tadinya bersikap hangat berubah menjadi dingin karena jawaban Kyouko, dan terlihat seperti membenci Kyouko. Kyouko pun beranggapan Ren membencinya, dan jadi segan terhadap Ren. Lama kelamaan, seiring dengan pekerjaan di agensi yang sering mempertemukan mereka, Ren pun menjadi luluh. Ditambah dengan determinasi dan sikap Kyouko yang sangat profesional dengan pekerjaannya di Love Me Section.


Perubahan yang besar dimulai ketika Kyouko dan Ren terlibat dalam produksi ulang drama berjudul Dark Moon. Di sini kemampuan akting Kyouko dan Ren diuji. Kyouko harus menciptakan karakter Mio yang dingin dan kelam, sementara Ren harus menyelami karakter Katsuki yang jatuh cinta dengan muridnya, tapi terhalang dengan keinginannya untuk membalas dendam ke keluarga sang murid. Berhasil menciptakan karakter Katsuki yang berbeda dengan Katsuki di drama Dark Moon sebelumnya, membuat Ren menyadari sesuatu, bahwa dia jatuh cinta dengan Kyouko. Kyaaaaa.... Sementara Kyouko juga mulai menyadari akan ada sesuatu antara dia dan Ren. Whoooa...


Di sisi lain, Shoutaro tidak bisa menerima kesuksesan Kyouko. Ditambah dengan kedekatan Kyouko dengan Ren, yang amat sangat dibencinya. Suatu kali Kyouko terlibat dengan pembuatan promo video musik Shou, di mana Kyouko didandani sebagai bidadari. Tentu saja penampilan Kyouko sebagai bidadari sangat cantik, dan membuat Shou sangat terkejut. Mulai dari sini, Shou menjadi sensitif bila ada yang menyinggung Kyouko. Ketika berseteru dengan band musik bernama Vie Ghoul, secara tidak sengaja Kyouko berada di tengah-tengah antara Shou dan Reino (vokalis Vie Ghoul). Reino berkata akan merebut segala milik Shou, termasuk Kyouko. Shoutaro tidak bisa menerima hal ini, dan akhirnya adu jotos dengan Reino.


Hohoho...cerita Skip Beat ini masih panjang dan belum tamat.

Sudah masuk chapter 205 tapi masih berkutat dengan hubungan Ren dan Kyouko yang belum jelas. Bikin geregetan kalau membaca, dan bikin deg-degan karena harus menunggu chapter berikutnya bulan depan. Justru itu sik, yang membuat saya terus mengikuti Skip Beat. Bagaimana Kyouko berkembang dari yang tidak punya rasa cinta, sekarang menjadi sadar kalau dia tetap bisa jatuh cinta. Kemampuan aktingnya yang terus bertambah, dengan mengambil peran yang berbeda tapi dengan stereotip yang sama, kejam dan dingin (Mio, Natsu atau Setsuka). Begitu pun dengan Ren, yang perlahan-lahan menyadari kalau dia sangat membutuhkan Kyouko. Well, di balik Ren yang ramah dan lembut, tersimpan kepribadian aslinya yang lebih kompleks dan menganggap Kyouko sebagai penyelamatnya. Mengamati Shou yang sering cemburu dengan Ren juga menarik. Menarik karena walaupun cemburu, Shou sama sekali tidak mau mengatakan kalau dia menyukai Kyouko. Rasa gengsinya tinggi :D. Jadi sering ketawa-tawa melihat tingkah Shou kalau sedang marah-marah cemburu.


Komik yang menarik ini sudah diterbitkan di Indonesia oleh PT Elex Media Komputindo. Saya sempat koleksi tapi karena akhir-akhir ini harga komik jadi mahal, saya berhenti. Saya mulai save-as gambar yang ada di manga scanlation, jadi koleksinya berupa softcopy. Pengen sik, kumpulin komiknya lagi tapi...dengan harga sekarang, kayaknya lebih baik untuk kebutuhan yang lain :). Saya biasa membaca di KissMangadotcom, MangaParkdotcom, atau MangaHeredotcom. Tidak masalah dengan bahasa Inggris, sekalian buat belajar juga. Ucapan terima kasih yang besar untuk mereka yang scan komik aslinya, menerjemahkan, dan mengunggah ke website tersebut.

Ada rekomendasi komik menarik yang lain?  Info ya :)

Salam,

Dina






3 komentar:

  1. Setsuka, bukan Setsuna. hei, aku juga masih mengikuti skip beat sampai sekarang. gemes banget liat nakamura-sama gaaak release release. nih lagi nunggu spoilersnya Kat yg chapter 216 & raw nya di baidu. meskipun ga ngeh sama tulisan& bahasanya, paling gak ada gambarnya. katanya shou nyamperin kyouko ke darumaya. ditunggu aja deh. hehehe, oya, aku recommend banget "crazy girl shin bia" manhwa sih. atau love in the mask, 100% perfect girlfriend, atauuu my boyfriend is a vampire. km coba googling manhwa nya karangan Hwang Mi-Ri atau Han Yu-Rang.
    sebenernya ada juga yg bagus tapi gak ada kelanjutan scanlations nya : mei-chan no shitsuji. dan yg sangat lama terbitnya melebihi skip beat ini, (yg aku suka sih) Gin no Saji a.k.a Silver Spoon. kalo anime aku suka banget Nobunaga Concerto. ini di negara asalnya (jepang) lagi on air seminggu sekali dan rencana ada live actionnya yg dibintangi sama, hmmm.... Oguri Shun....
    recommend lagi ya, utk anime ; Saiunkoku monogatari. mungkin kamu udah liat & baca itu semua. karena kurasa kamu juga penggemar manga, manhwa, manhua, anime, & live action.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, Setsuka. Kemarin pas baca ulang juga baru sadar, belum sempat direvisi. Makasih ya~
      Uhm, saya nggak begitu suka baca manhwa, entah kenapa...nggak bisa klik di otak saya. Jadi ya, kalau manhwa biasanya langsung skip, heheheh~
      Iya, saya suka anime tapi belum bisa meluangkan waktu lagi buat nonton. Mungkin nanti. Live action nggak terlalu suka, karena biasanya di bawah ekspektasi saya. Kecuali Nodame Cantabile. Kalau nonton dorama ya lebih milih original story.

      Thank you ya rekomendasinya.

      Hapus
  2. sekedar info untuk sesama penyuka skip beat
    manga skip beat bahasa indo ada di http://wactyreen.blogspot.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)