Jumat, 07 September 2012

[RANDOM] Belanja di Toko Online atau Toko Beneran?

Selamat malam temans...:)

Sebelum pikiran mengenai hal ini menguap dari otak saya, lebih baik langsung saya tuangkan dalam bentuk tulisan.
Jadi maaf ya, kalau sehari ini posting 2 tulisan :D

Semua berawal dari keisengan saya untuk follow timeline seorang artis FTV di Twitter. Dia melakukan endorse untuk toko-toko online yang menawarkan produknya via Twitter.
Mengenai endorse akan saya bahas di posting saya yang lain ;)
Dari situlah saya akhirnya stalking (hayaaaah...) okelah, ngintip timeline toko-toko online tersebut.

Seperti biasa yang ditawarkan adalah baju, tas, sepatu, produk kecantikan sampai dengan BlackBerry themes dan font (woooow...). Macam-macam produk yang ditawarkan.
Sampai akhirnya penasaran dengan kualitas barang yang ditawarkan, saya mencoba beli tas dari sebuah toko online.
Damn...bagus juga ternyata! Dengan harga yang tidak terlalu mahal saya mendapatkan sebuah tas cantik tanpa perlu ke luar rumah :)

Penasaran lagi, kali ini saya stalking ke timeline toko-toko yang jualan kosmetik.
Ternyata yang lagi trend adalah kosmetik dari Korea Selatan. Banyak brand yang asing bagi saya.
Selama ini saya hanya kenal Etude dan The Face Shop (karena ada gerai/toko benerannya di mall). Mana kenal dengan brand ini : Nature Republik, Tony Tint, The Skin Food, Holika-Holika....*tepokjidat*
Hebatnya lagi semua klaim itu adalah produk original dan harganyaaaa jauuuuh lebiiiih muraaaaah daripada di toko benerannya.... Jdaaaaar.... Really???

Saya makin penasaran, beneran nggak sih? Saya jalan-jalan ke Multiply. Ternyataaaa....di sana pun sama, yang sedang trend adalah kosmetik Korea.
Salah satunya adalah Rie Butik :)

Benerankah harganya lebih murah?

Ini yang amat sangat mengejutkan!
Ternyata BENAR LEBIH MURAAAAH!!! Beda jauuuh...

Kebetulan kemarin saya jalan-jalan ke Senayan City. Yang saya contek di website resmi The Skin Food (salah satu brand Korea tersebut) mereka punya gerai di sana.
Iseng saya cek harga untuk salah satu produknya.
Di Rie Butik ditawarkan dengan harga IDR85,000 sementara di gerai itu IDR170,000!!!
Bentar ya, saya mau pengsan...*bruuuk*

Itu 2 kali lipatnyaa!

Saya ngobrol dengan salah satu rekan yang jualan kosmetik Korea juga (punya dese lebih mahal dari Rie tapi tetep lebih mureee ketimbang gerai).
Dese bilang, jelas aja lebih mahal....kan musti bayar sewa tempat dan bayar pajak barang masuk.
Well, sewa tempat masuk akal buat saya. Giliran bayar pajak ini...menimbulkan tanda tanya besar untuk saya.

Kalau ngebahas pajak pasti jadi panjang dan lebar, di luar judul posting ini :D

Back to the topics...

Pada intinya, belanja di toko online kita bisa mendapatkan barang dengan kualitas yang sama dengan di toko beneran, dengan harga yang lebih miring. Juga hemat waktu dan tenaga. Kita tidak perlu ke luar rumah dan menghabiskan waktu di jalanan Jakarta yang makin hari makin macet.
Negatifnya, banyak toko online yang menjalankan praktek tipu-tipu. Entah itu menipu kualitas barang, harga, sampai dengan bawa kabur uang kita yang sudah ditransfer.
But don't worry, masih lebih banyak yang jujur kok...;)











ATAU













Jadi sebelum belanja secara online, pastikan itu adalah trusted online shop!
Perhatikan testimoni pelanggan lain, dalam bentuk kepuasan terhadap kualitas barang dan pelayanan. Juga foto-foto produk yang ditawarkan, misalnya baju dan sepatu...hati-hati untuk ukurannya.

Kalau belanja di toko beneran ngga usah saya bahas lagi ya ;). Sudah jago semuanya, soal belanja dan cuci mata....hehehehh...



So girls, happy shopping di online shop yang sesuai dengan selera kamu!

Thank you for reading :).





13 komentar:

  1. hi salam kenal..
    sebelumnya lagi liat olshop di multiply kebetulan rie butik juga. dan aku liat dia jual kuteks skinfood cuma 18rb. aku google kenapa harganya lebih murah ternyata nemu blogmu mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo...makasih sudah mampiiir :)
      Iya, dipikir-pikir benar kan? Kalau sudah masuk outlet, mark-up harga jadi besar... Kalau via olshop, ada mark-up pasti...tapi ngga gede-gede banget...;)

      Hapus
  2. mau nanya mba.. multiply kan baru saja tutup, trus nasibnya rie butik gmn ya? liat di fbnya juga ga ada update

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Kun :)
      Terimakasih sudah mampir. Sepertinya bisnis tetap jalan itu...katanya mereka tetap terima order lewat email dan message FB, dan katanya sih...lagi mau buat website khusus. Padahal enak banget belanja via multiply. Hiiks...

      Hapus
    2. Update nih...website Rie Butik sudah aktif. Coba main ke riebutik.com :)

      Hapus
    3. wah.. makasih banyak mba infonya :) langsung menuju TKP nih :D

      Hapus
    4. Sama-sama...
      Aku juga baru dari sana, tapi yang pengen aku beli lagi out of stock :(

      Hapus
  3. hi mbak dina slm kenal sblmx....aq lgi cri info ttg rie butik ga sengaja liat blogx mbak...
    mbak mw nanya nih apa mbak uda sering belanja d rie butik?? trus blanjax via ol??
    cox aq mw cba jg blanja via email bgt cma msi takut klo cma praktek tipu2....tolong infox ya tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Ivanna :)
      Iya mbak, saya sudah beberapa kali belanja di Rie Butik (www.riebutik.com). Selama ini aman banget, nggak ada unsur tipu2. Kalau barang sedang out of stock, mereka akan refund langsung uang kita, paling lambat 3 hari deh. Di Rie Butik ada 2 sistem belanja : barang yang ready stock dan yang PO. Lengkapnya lihat websitenya saja mbak...
      Semoga berguna.

      Hapus
  4. hai mba dina.. aku termasuk pelanggan setia riebutik.com hihii dulu sempet repot bgt gara2 multiply dia rusak untung skrg ada webnya :) slalu puasss.. oiya tambahan satu lagi mba ol shop reccomend dr aku drollypop.com agak lebih mahal dr rie butik tp ready stok dia lbh bnyak..

    ttg harga2 yg lbh murah? yap bener.. di gerai lbh mahal krn pajak ++ pajak toko cukai gaji karyawan dll... dan ak ngecek harganya sendiri di etude korea lbh murah..bahkan lbh murah dr rie butik haha.. jd ol shop itu ud dpt untung kok ;)

    pingin minta rekomen lain lagi deh slain 2 toko itu.... oh sayang ga ada yg brani ngambil produk jepang kayak shiseido dkk...katanya karena emang aslinya mahal haha..

    ok deh... thx mba atas tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Meutia...:)
      Iya, di Rie Butik itu ready stocknya selalu cepat habis. Sering ketinggalan, jadi PO deh. Belum pernah beli di DrollyPop karena kebanyakan produk makeup :D.
      Sudah coba di chic-princessa.com? Atau lynlynshopaholic.com? Aku sering beli di chic-princessa, tapi lynlynshopaholic belum coba..:)
      Ini lagi penasaran sama yes24.co.id. Pakai sistem PO juga kayak Rie Butik...

      Hapus
  5. Coba di mylovelysister.com sis, brangnya lengkap bgt tp lebih mahal krn udah terkenal bgt dan sering ngadain giveaway

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah lihat ke sana, tapi karena harga produknya lebih mahal ya belum pernah beli. Thank you yaa~

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)