Minggu, 09 September 2012

[MANGA] New Kobochan

Selamat malam temans :)

Kali ini saya iseng menulis review komik/manga New Kobochan dari Elex Media Komputindo.
Dulu sekali komik ini sudah pernah diterbitkan oleh penerbit yang sama, hanya saja saya malah tidak sempat membaca edisi lama. Saya baru mulai membaca edisi barunya.

Saat ini Elex sudah menerbitkan 19 volume dan sepertinya masih akan terus berlanjut :). Moga-moga masih ada budget untuk terus membelinya :D

Sampul depan volume 17 :


Sampul belakang volume 17 :


Kenapa langsung volume 17? Maap yaaak, sampul volume 1 udah jelek :D jadi pas difoto keliatan banget dekilnya...;p

Okaaay...let's begiin the review.

Judul asli bahasa Jepangnya adalah Shin Kobochan
Gambar dan cerita oleh Masashi Ueda
Diterbitkan di Jepang oleh Houbunsha Co.,Ltd
Diterbitkan di Indonesia oleh PT Elex Media Komputindo
Terjemahan Indonesia beda-beda yah, tergantung volumenya...:D

Komik ini ditujukan untuk semua umur dan gender. Bergenre komedi, drama, slice of life. Komedi karena beberapa cerita membuat saya tertawa. Drama karena beberapa cerita membuat saya termenung. Slice of life karena ceritanya mengenai sepotong kehidupan keluarga Tabata :).
Jadi jangan heran kalau Kobo tidak akan pernah naik kelas, atau tidak akan jadi dewasa :D
Satu cerita dalam satu halaman dengan 4 panel.

Keluarga Tabata terdiri dari Kobo (tokoh utama komik ini), Koji (ayah Kobo), Sanae (ibu Kobo), Yamakawa Iwao (kakek Kobo) dan Yamakawa Mine (nenek Kobo). Mereka tinggal bersama di sebuah rumah sederhana di Tokyo, Jepang.
Di volume-volume awal, paman Kobo yang bernama Takeo juga tinggal bersama mereka. Setelah menikah, Takeo pindah ke apartemen sendiri bersama istrinya :)
Keluarga Tabata juga mempunyai hewan peliharaan, seekor anjing bernama Pochi dan seekor kucing bernama Mii.

Saat ini Kobo berusia 5 tahun, bersekolah di TK dekat rumah. Kobo suka makanan yang manis, suka minta mainan baru ke ibunya (tidak dibelikan tapi akhirnya dibelikan kakek), paling takut kalau dibawa ibu ke dokter gigi atau THT :D
Sifat Kobo yang polos (karena masih anak-anak) menjadi unsur komedi dalam komik ini.

Koji sang ayah, kira-kira di pertengahan 30-an. Pegawai kantoran yang biasa-biasa saja, setiap hari berangkat dan pulang menggunakan kereta. Sering pulang malam karena harus menjamu klien, dan berakhir dengan mabuk :D. Syukur-syukur sampai di rumah dengan selamat dan ambruk di pintu masuk, kadang tertidur di taman dekat rumah. Koji suka main golf tapi tidak terlalu mahir (-_-")

Sanae sang ibu, usianya kurang lebih sama dengan Koji. Seorang ibu rumah tangga yang sehari-harinya di rumah saja (sama dengan sayah :D), cukup ketat dalam mengatur keuangan keluarga, suka bawel kalau Kobo ketahuan makan coklat, biskuit atau permen. Di volume 18 ketahuan kalau sedang hamil anak kedua.

Iwao sang kakek, sangat memanjakan Kobo (diam-diam suka membelikan mainan baru). Seorang pensiunan yang sangat keras kepala dan suka gengsi :D. Suka sekali manisan buah, sake dan menonton tivi.

Mine sang nenek, sama dengan kakek yaitu sangat memanjakan Kobo. Suka gengsian juga :D. Selalu membuat asinan setiap tahun.

Takeo sang paman, seorang guru SMP yang disukai oleh murid-muridnya. Hobi makan, mendaki gunung, berolahraga rugbi dan judo. Setelah menikah, tinggal bersama istrinya, ibu guru Hanada.

Karena ceritanya ringan dan tidak bersambung dari volume ke volume, komik ini cocok untuk hiburan. Saya pribadi kadang membawa komik ini sebagai teman bertapa di toilet (hope you know what i mean...*grin*) atau sebagai teman ketika menunggu giliran diperiksa dokter.
Kekurangannya adalah karena budaya Jepang sering memasukkan plesetan (pun) dalam percakapan sehari-hari, maka giliran diterjemahkan ke bahasa Indonesia...kita ga nyambung :D.

Overall : komik ini layak dibeli, dibaca dan dikoleksi....

That's my review for this manga.

Thank you for reading :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)