Jumat, 21 Desember 2012

[RANDOM] Jual beli sampel kosmetik (bukan jualan lho ya...)

Halo temans :)

Apa yang diingat jika ada yang menyebut kata-kata sampel?  Kalau saya, jadi inget laboratorium, eh..bukan ding.  Saya ingetnya adalah contoh produk dalam bungkus yang kecil-kecil, sachetan gitu. Ingetnya jadi shampoo sachetan deh, praktis kalau dibawa pergi :D.

Nah, semenjak saya keracunan dan kecanduan kosmetik Korea Selatan, saya jadi rajin ngumpulin banyak sampel. Lumayan banyak, tapi nggak tau kapan itu akan dipakai.  Berhubung kemasan sampel itu tempatnya terbatas, keterangan produk hanya ditulis dalam bahasa Korea (huruf han-geul gitu...) jadi musti browsing dulu di internet untuk tau deskripsi produknya.  Kalau sudah dapat kegunaannya untuk apa, baru berani pakai...:D.

Yang namanya sampel biasanya diberikan secara gratis kepada pelanggan supaya ikut mencoba produk itu. Jarang saya temukan pelanggan harus membeli sampel, tapi kayaknya di Indonesia sekarang ini jarang yang kasih-kasih sampel, atau saya yang nggak pernah dapet ya?  Nggak enaknya sampel gratisan dari belanja adalah jumlahnya cuma 1 sachet per produk :(.  Jadi nggak berasa nendang khasiat produknya.  Perlu diingat yah, efek dari kosmetik itu nggak instan.  Butuh waktu agak lama, kalau ada yang kasih efek instan, patut dicurigai mengandung bahan berbahaya.

Terus kalau pengen nyobain suatu produk, gimana dooong?  Padahal nggak dapet sampel produk itu?

Nah ini...akhir-akhir ini saya perhatikan, mulai banyak yang menjual sampel-sampel kosmetik tersebut.  Padahal pada beberapa kemasan sampel tersebut ada tulisan "NOT FOR SALE".  Si mbak seller promonya begini : mau beli produk A tapi takut nggak cocok? Cobain sampelnya aja duluuu, muraaah...hanya 5ribu/sachet.

Tuiiiiiing....

Tadinya saya sedikit meremehkan promo tersebut. Diiiih, sampel kok dijual sih?  Dapet darimana barangnya? Kalau sedianya banyak, masa' iya ada yang nyuplai sampel segitu banyaknya? Yang nyuplai pertama dapet darimana? Nyelundupin dari pabriknya?  Arararara...banyak pertanyaan mondar-mandir di otak saya.  Then, zaaaap... Wait, kosmetik Korea ini harganya nggak murah.  Kalau saya maksain beli kemasan penuh botolan gede, tapi ternyata nggak cocok...itu botol mau menuh-menuhin lemari doang?

Akhirnya dengan memberanikan diri saya beli sampel bb cream. Belanjaan saya di GMarket kemarin salah satunya adalah hasil dari nyobain sampel bb cream itu. Untungnya cocok, jadi saya berani beli kemasan penuhnya. Sekarang saya lagi cobain sampel masker dari Skinfood, moga-moga cocok juga jadi saya bisa beli botolannya.

Sedikit obrolan dengan penjual sampelnya, peminat sampel kosmetik Korea ini ternyata nggak sedikit (termasuk saya).  Ada aja yang beli.  Mbak seller ini juga selalu memakai kosmetik Korea dalam bentuk sampel. Alasannya adalah lebih praktis, juga lebih higienis, kalau dihitung-hitung jatuhnya lebih murah.  Iya juga siih...soalnya kalau beli dalam bentuk kemasan botolan, harga produk termasuk harga kemasannya, yang kebanyakan lucu-lucu dan imut-imut banget.

Sayangnya, kalau kita beli produk dalam bentuk sampel sachetan ini, kita nggak tau kapan tanggal kadaluarsanya, kita nggak tau kapan produk itu dibuat di pabriknya. Nggak enaknya di situ. Jadi saran saya, kalau sudah cocok dengan produknya...beli saja botol besarnya.  Jelas ketahuan kapan dibuat dan kapan tanggal kadaluarsanya.  Sebelum beli sampel juga lebih baik baca-baca review orang yang sudah pernah pakai produk itu.

Berminat beli sampel produk kosmetik Korea?  Punya twitter, sila follow mbak Vina (@jualsample). Kalau di facebook, bisa add dulu Omoni Tiga (koleksi sampelnya lumayan). Atau di http://www.chic-princessa.com, koleksi travel kit juga ada.

Sedikit cerita saya tentang sampel, saya kasih gambar koleksi sampel saya ya...
Hayoooo, yang suka kumpulin sampel jugaaaaa, cerita doooong...;)

Thank you for reading and visiting my blog :)






3 komentar:

  1. wah aku juga suka takut ga cocok klo beli produk tp udh trlanjur bli yg gede dan akhirnya ga kepake -_-
    tp dgn review sampel kosmetik ini sangat membantu, arigatou^^
    keep blogging!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Winorinchan...makasih sudah main ke sini :)
      Senang bisa membantu dengan tulisan ini. Semoga menemukan sample skincare dan kosmetik yang cocok...

      Hapus
  2. wah saya juga suka dapet sample tapi keseringan dibuang karena lupa dipake dan exp

    kokatto

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)