Kamis, 27 Desember 2012

[PERSONAL] Perjalanan menemukan bb cream yang cocok

Halo temans :)

Sebelum saya menulis review tentang produk bb cream yang saya pakai, lebih baik saya cerita dulu perjalanan saya mencari bb cream yang cocok di muka saya.  Apakah perjalanan ini sudah selesai?  Whoaaaa...beluum :).  Masih banyak yang pengen saya coba, tapi belum kesampean karena harus menabung dulu.

Waktu bekerja dulu, saya malah bisa dibilang jarang dandan. Nggak pernah kepikiran untuk beli bb cream ini, dan terus terang belum pernah dengar sama sekali.  Kalaupun harus dandan ke acara resepsi nikahan, akhirnya saya pakai foundation dan bedak.  Emang sih, kalau pakai foundation itu muka kelihatan mulus banget, pori-pori ketutup, apa ya istilahnya...flawless? :D
Nah, jeleknya pakai foundation ini (buat saya) adalah walau sudah dibersihkan secara seksama, tetap memunculkan beberapa butir jerawat kecil-kecil.  Yang paling parah juga adalah kulit di bawah bibir bagian bawah menjadi kering dan mengelupas :( padahal sebelum memakai foundation saya sudah oleskan pelembab.  Huaaaa...mungkin emang nggak cocok kali ya, foundationnya. 

Terus akhirnya saya brosing, baca-baca blog orang, terutama punya para beauty blogger.  Ternyata banyak dari beauty blogger ini menulis tentang kosmetik dari Korea, salah satunya adalah bb cream. Tadinya saya pikir bb cream adalah produk kosmetik khas atau special dari Korea, ternyata tidak.  Merk kosmetik Indonesia pun sudah ada yang mengeluarkan bb cream, saat ini yang banyak beredar di pasaran lokal adalah Maybelline, Caring Colours, dan Ponds (ini yang terakhir keluarin bb cream).

Jadi apa sih bb cream?
Saya nggak mau nulis definisi dari bb cream, sudah banyak yang nulis. Sila googling sendiri ya :). Di wikipedia juga dijelaskan panjang lebar :D

Penasaran dengan bb cream ini, akhirnya saya memberanikan diri beli yang merk lokal dulu, yaitu Caring Colours.  Beli di Carrefour seharga IDR45,000. Tanya-tanya sama beauticiannya, yang cocok sama kulit muka saya yang mana?  Akhirnya dipilihin yang Fair White, kata si mbak shade-nya cocok dengan kulit muka orang Indonesia. Natural gitu...Ya percaya aja deh.  Kayak gini produk bb creamnya Caring Colours...
Kata si mbak beautician, kalau mau yang agak bersinar pakai yang Illuminizing, kalau mau yang awet karena oil control bagus pakai yang Everlast, kalau untuk sehari-hari pakai yang Fair White.  Bingung? Sama, saya juga.

Beli yang Fair White, pas pertama dipakai enak di muka. Nggak kayak pakai foundation, lebih ringan rasanya.  Gampang dibaurkan di muka juga, eh tapi kok ada efek bling-bling ya?  Waaah, ternyata bb creamnya Caring Colours memang ada shimmer-nya, karena tujuannya supaya nggak usah pakai bedak lagi.  Kan untuk dipakai sehari-hari.  Tapi saya nggak suka ada yang mengkilap-kilap begitu di wajah saya.  Akhirnya saya kurangi pemakaiannya. Ya lumayan, nggak begitu keliatan shimmer-nya. Cuma akhirnya emang jarang saya pakai sih :D, kalau lagi pengen aja (baca reviewnya di sini).

Setelah itu saya penasaran dengan salah satu merk kosmetik Korea Selatan, yaitu Skinfood. Penasaran karena packaging-nya lucu-lucu dan unik, juga karena mereka klaim hanya menggunakan bahan-bahan yang alami, dan bahan alami ini sangat bagus untuk kulit yang membutuhkan makanan. Skinfood mengeluarkan berbagai jenis seri bb cream, tinggal pilih yang mana yang cocok.  Baca-baca review banyak yang suka dengan yang aloe vera dan red bean. Akhirnya saya beli keduanya :D.
Ini yang aloe vera (sila baca reviewnya di sini)
Dan ini yang red bean (bisa baca cerita produk di sini)...
Baca-baca blog orang lagi (sepertinya jadi kebiasaan yang tidak bagus :D), saya penasaran lagi.  Kali ini dengan merk kosmetik Korea yang lain, yaitu Etude House. Beauty blogger Indonesia banyak yang cocok dengan bb creamnya Etude House, yang judulnya Precious Mineral.  Coba-coba sampelnya, kayaknya enak kalau beli botolan :D. Naaah, jadi belanjaan saya di GMarket Indonesia deh...
Kayak gini botolnya (review menyusul).
Yaaaah, pengennya kulit muka bisa mulus-lus kayak artis-artis Korea gitu ya, tapi sekali lagi...tergantung kulit wajah kita bagaimana, dan apa yang cocok dengan kulit wajah kita.  Saya sendiri puas dengan bb cream yang saya pakai sekarang, selama tidak menimbulkan jerawat yang parah di wajah. Tidak perlu sampai putih kinclong, yang penting bersih dan sehat.  Saya belum tahu apakah saya masih tertarik untuk mencoba merk lain atau tidak, sampai sekarang belum ada rasa penasaran pengen coba merk lain :D.  Akan saya update jika akhirnya saya coba merk lain ya. 

Oh iya, saya kasih foto perbedaan di kulit tangan ya, antara pakai bb cream dan tidak. 
Menurut para beauty blogger, bb cream ini masuk kategori kosmetik, bukan produk perawatan kulit meskipun produsennya mengklaim bb cream itu adalah kosmetik yang sekaligus merawat kulit.  Jadi ketika selesai beraktivitas atau pada malam hari mau tidur akan menggunakan produk perawatan kulit, sebaiknya wajah tetap dibersihkan dengan pembersih khusus make-up.  Saya sendiri sebelum menggunakan bb cream, cuci muka hanya dengan sabun bayi.  Sekarang, angkat dulu sisa-sisa bb cream dengan baby oil baru cuci muka dengan air dan sabun bayi. 

Hehehe, panjang ya ceritanya, tapi udahan kok...;).  Ikuti terus blog saya ya, awal tahun baru nanti akan ada posting berhadiah untuk pembaca semua.

Thank you for reading and visiting my blog :)





14 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nice share,

    I'm your new followers GFC,
    would you mind to join my GFC too?
    please visit here
    http://sweetymeow.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii...:)
      Thank you for join my Google Friend Connect.
      Noted, I will visit your blog.

      Hapus
  3. Thanks sharingnya . Ditunggu sharing lainnya ya sis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Eva :)
      Iya, diusahakan untuk cerita produk lain. Terima kasih :)

      Hapus
  4. Mbak Dina, gimana hasilnya setelah mencuci dengan baby oil? Setahu saya baby oil bukan untuk membersihkan make up ya? Dibutuhkan cleanser khusus dengan pH yang berbeda dgn pH kulit normal supaya make up dan kotoran bisa terangkat. Kalau engga, akan jadi jerawat lagi. Karena pH kulit berubah kena cleanser, maka dibutuhkan Toner untuk megembalikan pH kulit menjadi normal kembali sebelum dikasih perawatan dalam bentuk serum dan moisturizer. BB Cream memang bisa menjadi perawatan tetapi masih tergolong make up juga, jadi memang sudah benar harus dibersihkan :) Btw jenis kulitnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak pakai baby oil lagi untuk membersihkan make-up, karena waktu itu sempat bruntusan jerawat kecil-kecil :). Sekarang saya pakai Etude House Baking Powder Pore Cleansing Cream untuk mengangkat make-up dan kotoran lain, dilanjutkan dengan Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam. Saya sudah buat reviewnya...bisa dibaca :).

      Hapus
  5. Kulit muka saya bruntusan terus...bingung mau pakai apa...pakai bb cream bodyshop aja bruntusan...jadi pakai etude mbak gag bruntusan ya mbak...jadi pengen coba etude nich mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, maaf ya baru bisa balas komentarnya.

      Mungkin bisa dicoba bersihinnya lebih telaten lagi. Kalau pakai bb cream atau foundation (merk apa saja), wajah sebaiknya selalu dibersihkan 2 tahap. Angkat makeup dengan susu atau krim pembersih/minyak zaitun (EVOO), baru dibersihkan dengan sabun pembersih muka. Kalau hanya sabun saja, biasanya itu yang bikin bruntusan karena makeupnya nggak keangkat semua.

      Sila dicoba dulu.

      Hapus
    2. Kalo bolak-balik beruntusan apa ga sebaiknya cek ke dokter dulu mbak, konsultasi sekalian bawa produknya apakah cocok untuk jenis kulitnya.

      Hapus
  6. nice info kak, kalo aku pakai CC Cream Ertos hasil OK dan BPOM juga :)

    BalasHapus
  7. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2ygdG1J

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)