Senin, 17 Desember 2012

[MAKAN-MAKAN] Pempek Palembang 161 Kelapa Gading cab.Bintaro

Halo temans :)

Hihihi, entah kenapa tiba-tiba kemarin siang kami berdua pengiiiin banget makan pempek.  Sering begitu, tiba-tiba suami ngajakin makan ini yuk, ayuuk...saya juga lagi pengin :D.  Akhirnya kami berdua jalan ke salah satu tempat makan yang menurut kami enak di daerah Bintaro, yaitu Warung Pempek 161 Kelapa Gading cab. Bintaro.  Namanya memang ada kata "Kelapa Gading"nya, karena di sana pusatnya. Warung pempek ini punya cabang di Bintaro dan Serpong, dan sepertinya ada juga cabang di tempat lain.  Di Bintaro warung ini ada di Ruko Multi Guna, Jl Bintaro Jaya sektor 3-A Tangerang Selatan, no telepon 021-73691073 (katanya sih, terima delivery jugaaa...).

Warungnya hanya menempati satu blok ruko di pojokan, paling pojoook...:D. Interiornya sederhana, set meja makan terdiri dari bangku kayu dan meja, di teras depan ada 2 set meja dan tempat panggangan pempek.  Seperti ini bagian dalam warung..
Abaikan bagian kanan foto ya, itu suami saya...badannya nutupin setengah foto :D.  Di dinding ada foto-foto menu yang dijual lho...hihihi, mau foto malu sama mbaknya.  Akhirnya saya fotoin menunya saja ya..
Namanya warung pempek, tentu saja hidangan utamanya adalah pempek dan teman-temannya.  Di sini menyajikan pempek kapal selam, lenjer, adaan, keriting, kulit, lenggang, otak-otak, tekwan, model, es kacang merah dan minuman lain, serta berbagai macam kerupuk khas Palembang.

Makan kali ini suami memesan pempek lenjer dan kulit masing-masing 1 butir, kemudian tambah dengan 2 butir pempek adaan, saya sendiri karena memang pecinta berat pempek kapal selam ya pesennya 1 buah pempek kapal selam, pakai tambahan mi kuning sebagai pengganti nasi.  Seperti ini..
Minumannya kami memesan teh tawar hangat dan es kacang meraaah! Es kacang itu wajib dipesan kalau berkunjung ke warung pempek, karena di restoran/warung makan lain tidak ada yang menjual es kacang merah ini.  Sebagai teman makan pempek, disediakan cuko, taburan ebi, sambal cabe, serta kecap manis dan asin..
Terserah saja, mau makan pempek dengan cuko yang banyak atau sedikit, dengan taburan ebi atau tidak,  tergantung selera masing-masing.  Saya sendiri lebih suka cukonya tidak terlalu banyak, karena cuko di pempek 161 ini cukup kental dan rasanya kuat banget plus agak pedas.  Di warung lain biasanya cuko yang diberikan encer dan ada 2 macam, manis dan pedas. Nah, kalau di 161 disediakan kecap manis jadi kalau merasa cukonya terlalu pedas walau tanpa sambal cabe, bisa ditambahkan kecap manis.  Kalau merasa kurang pedas, ya sila tambahkan sambal cabe.

Rasa pempeknya? Whoaaaa, berasa ikan banget, hampir mendominasi semua pempeknya.  Nggak hanya rasa tepung kanji :D.  Yang pernah saya baca campuran adonannya bisa beda antara kapal selam, lenjer, keriting, kulit, adaan, atau panggang.  Menurut saya, lenjer, kulit dan keriting mempunyai rasa ikan yang paling kuat, adaan didominasi rasa bawang putih, kapal selam cukup kuat rasa ikannya tapi karena ada telur di dalamnya kalau dimakan ya didominasi oleh rasa telur.  Saya belum pernah mencoba pempek panggang, mungkin lain kali ya :). 

Untuk ukuran warung pempek, harga yang dikenakan di warung 161 ini cukup mahal tapi memang sebanding dengan rasanya.  Harga yang sama di warung lain, rasa pempek di 161 lebih nendang :D.  Harga pempek kapal selam IDR17,000; lenjer/kulit/keriting/adaan harganya IDR7,000 per butir; lenggang IDR20,000; model/tekwan IDR17,000; es kacang merah IDR15,000.  Harga kerupuk saya belum tahu, karena belum pernah beli produk kerupuknya.  Makan berdua seperti pilihan menu kami di atas itu jumlahnya IDR68,000.  Hehehehe...kenyang lho, makan pempek di sini ndak harus pakai nasi...;)

Ada yang mau sharing warung pempek yang lain, yang mungkin lebih enak dan murah? Kasih tau saya ya, siapa tahu suami mau saya ajakin coba di warung lain...

Thank you for reading and visiting my blog :)






1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)