Senin, 25 Maret 2013

[MAKAN-MAKAN] Mi Ayam Gerobak, di mana aja :D

Halo temaaans ^____^

Lama nggak posting cerita baru, bukan karena sibuk tapi karena belum ada ide mau bercerita tentang apa.  Nah, pagi ini tiba-tiba di otak saya berseliweran kata-kata yang harus segera dituangkan, kalau nggak nanti jadi basi :D.  Dan kali ini saya akan bercerita tentang obsesi kesukaan saya makan mi ayam, bukan mi ayam restoran terkenal tapi cukup mi ayam gerobak yang biasa lewat atau akhirnya mangkal di suatu tempat.  Yaaah, karena kalau makan mi ayam ini seringnya dadakan, tanpa direncanakan...saya nggak punya fotonya secara spesifik. 
Jadi kita mulai dari yang paling dekat dari rumah, dihitung dari rumah ibu-bapak saya yaah...:)

Satu...
Mi ayam yang sering lewat musholla dekat rumah ibu-bapak di Petukangan.  Nungguin mi ayam yang satu ini tricky, kalau lagi pengeeeen...udah main ke Petukangan, dianya nggak lewat. Giliran nggak pengen makan mi ayam, bapak pulang dari sholat Ashar pasti bilang : "tuh, ada mi ayam di musholla".  Haeeeee...(-_-").  Akhirnya beberapa minggu lalu, makan juga mi ayam ini... Dengan harga IDR7,000 saya dapet 1 porsi mi ayam tanpa bakso atau pangsit.  Lumayan untuk ukuran mi ayam yang keliling :D.  Minyak kaldunya terasa, ayam cincangnya lumayan banyak meskipun masih ada sedikit campuran labu atau pepaya muda, tekstur mi-nya standar, saus merahnya murah hati sekali, demikian juga dengan sambal cabenya, dan taburan daun bawangnya banyak :D.  Bayangin aja yak...

Dua...
Mi ayam "Bakmi Kondang" di jalan Raya Kostrad, Petukangan.  Lumayan deket dari rumah ibu-bapak.  Juragan yang punya, rumahnya malah satu RT.  Katanya dulu bakmi Kondang ini keliling juga, terus bikin resep mi sendiri dan didukung sama PT Bogasari, makin lama makin maju jualannya dan akhirnya membuka beberapa outlet.  Salah satunya ya di jalan Kostrad ini.  Sebenarnya sudah lama banget nggak jajan bakmi Kondang ini.   Terakhir makan itu waktu diundang ke acara resepsi pernikahan anak bungsu sang juragan.  Di sana disajikan bakmi Kondang sebagai salah satu menu prasmanan.  Mungkin karena disajikan prasmanan, rasanya jadi berbeda kalau makan di warungnya ya.  Kalau di outlet sendiri kita bisa pilih mau beli menu paketan atau sendiri-sendiri.  Yang jelas pilihan bakso atau pangsit rebus tetap ada. Harganya beda-beda, tergantung menu pilihannya apa.

Tiga...
Mi ayam gerobak di daerah Kreo, Tangerang...dari arah Ciledug - Kebayoran Lama ada di sebelah kanan jalan.  Mangkal di depan ruko perkantoran gitu deeh... Penasaran karena tiap kali lewat tempat jualannya, yang antri selalu ramai. Motor banyak yang parkir.  Lalu ajak suami mampir makan, ternyata cukup enak untuk harga IDR10,000.  Dengan harga segitu, saya dapet 1 porsi mi ayam dengan 2 butir bakso dan 2 potong pangsit rebus.  Tapiiiii...untuk ngedapetin 1 porsi ituuu, saya harus antri sampai setengah jam kalau lagi ramai luar biasa.  Well, mungkin karena super ramai itu juga... Minyak kaldunya kadang kurang terasa, ayam cincang lumayan banyak dan untungnya nggak pakai campuran labu/pepaya, tekstur mi-nya standar, saus merah nggak terlalu banyak kecuali minta dibanyakin, sambal cabe juga standar 1 sendok saja kecuali minta tambah, taburan daun bawang cukup banyak.  Ngahahaha...yang jelas 1 mangkok itu fully loaded :D.  Sampai buat ngaduk aja susah, tapi itu seni makan mi ayam ;)

Empat...
Naaah, yang ini adalah candu baru buat saya dan suami :D.  Yaitu mi ayam Simprug.  Sebenarnya nggak tahu apa nama aslinya.  Saya sebut mi ayam Simprug karena emang gerobaknya di daerah Simprug, di pinggir jalan gitu...seberangan sama rel kereta api.  Saya nggak hapal nama jalannya yah, yang jelas kalau lewat situ selalu penuh dengan orang yang makan, parkir motor dan mobil sampai mengular.  Mobilnya juga banyak yang mobil mewah looh... Pertama kali makan diajak sama ibu-bapak, abis itu ngeracunin suami untuk ikut makan, dan sekarang...kayaknya musti rajin nyambangin nih tiap bulan :D.  Kalau mau makan di sini jangan terlalu siang, bisa-bisa nggak kebagian.  Kalau tempat makannya sudah penuh bisa dimakan di mobil, minta tolong pesan sama bapak parkir atau pesan sendiri ke mas-masnya dan minta tolong diantar ke mobil.  Dengan harga IDR9,000 saya udah bisa dapat seporsi mi dengan 3 butir bakso dan kerupuk pangsit.  Minyak kaldunya berasa, ayam cincangnya bener-bener ayam tanpa campuran, tekstur mi-nya agak besar-besar, taburan daun bawangnya banyak, saus merahnya suka-suka tapi standarnya lumayan banyak, begitu pun dengan sambal cabenya.  Sama dengan yang di Kreo, satu mangkuk itu fully loaded, mengaduknya adalah seni dan tantangan tersendiri...

Duuh, saya nulis ini sambil ngeces sendiri membayangkan satu mangkuk mi ayam panas, mengepul-ngepul, dengan saus merah di atasnya... Saya tahu saus merah ini nggak sehat banget yah, tapi kalau makan mi ayam tanpa saus merah ini nggak nendang banget.  Kapan makan mi ayam lagi yaah?
Wahahahaha...

Well, karena tampilan mi ayam gerobakan itu standard yah, saya comot foto dari google saja...

Moga-moga nggak ngiler yaaah, karena saya sendiri....pengeeeeeeen....

Thank you for reading and visiting my blog :)


2 komentar:

  1. salah satu mie ayam paporit di rumah saya di daerah karang tengah ciledug adalah mi ayam/pangsit Udin..ga ngerti apakah emang bener nama yg jualan adalah Udin,yg penting rasanya nampoolll...udah jualan dr saya masih SD kelas 5 n survive sampe sekarang....°º°=))Hªªhªªhªªhªª°°º
    mangkalnya jg ga jelas waktunya,klo ditungguin kadang ga lewat2,tp klo lg ga pengen sampe getok2 pager rumah bt manggilin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngahahaaaa, Senoooo...makasih udah mampir :D
      Itu mi ayam Udin lewat sampe Barata nggak ya? Gw belum nemu mi ayam enak nih yang keliling di daerah Barata. Ada yang baru di lapangan deket mesjid, tapi belum cobaiiin...

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)