Selasa, 09 April 2013

[RANDOM] Cross Stitch-ing

Halo temans ^____^

Pernah dengar kata di atas? Cross stitch...pakai akhiran "ing" jadi kata kerja, arti bahasa Indonesianya menikam dari belakang menusuk silang.  Mungkin kalau orang dulu, jaman-jamannya ibu dan tante saya, mereka menyebutnya dengan kristik.  Nggak tahu ya, kata kristik itu serapan dari bahasa mana :).  Ya mungkin dari kata cross stitch ini, tapi karena di lidah orang dulu belibet, maka jadi yang praktis aja...kristik...*soktau*

Dulu nih, waktu saya SD atau SMP deh...kalau pulang liburan ke rumah nenek saya, pasti tante atau sepupu saya lagi mengerjakan ketrampilan tangan ini.  Dan kalau lagi nggak diajak keliling ke rumah saudara yang lain, saya suka memperhatikan mereka.  Gambar yang dibuat bagus-bagus, gambar pemandangan, kaligrafi Islam, atau hanya tulisan nama.  Seneng aja ngeliat gerakan tangan yang teratur, sesekali menggunting dan merapikan susunan benangnya.

Saya penasaran?  Banget....tapi belum tahu cara mengerjakannya.

Setelah mempunyai waktu luang, saya lihat cara-caranya di youtube.  Hmmm, ternyata tidak terlalu sulit, daripada merajut yang harus menghitung setiap kali menggulung benang di stiknya.  Mulai rumit jika memang polanya rumit dan besar :D, juga terdiri dari banyak warna benang.  Pusing deh, menghitung kotak-kotaknya.

Pada umumnya peralatan yang dipakai adalah pola, kain, benang dan jarum.  Pola gambar tusuk silang sekarang ini mudah didapat, bisa di-download dari situs pehobi tusuk silang, bisa beli dari situs yang sama (biasanya untuk desain yang cantik dan rumit), bisa juga beli di toko khusus hobi kerajinan tangan.  Toko yang biasa saya kunjungi untuk membeli pola adalah Hobby Craft di Puri Indah Mall.  Di sini kita bisa mendapatkan kain kotak-kotaknya (aida atau linen), benang, jarum, alat-alat merajut, juga pattern kit.  Saya sendiri lebih sering membeli dalam bentuk pattern kit, karena dengan membeli kit saya sudah mendapatkan pola, kain aida 14 count, jarum dan benang sesuai pola.  Makin besar gambarnya, makin besar pula kain aidanya, dan makin banyak benangnya....makin mahal pula harganya :D

Maksudnya kain aida 14 count apa?

Itu artinya, dalam panjang 1 inci pada 1 kolom kain, akan terdapat 14 tusukan silang.  Makin kecil angkanya, makin sedikit jumlah tusukan silang per incinya, ukuran tusukannya semakin besar, vice versa. Yang saya kerjakan adalah yang 14 tusukan per inci.  Lebih kecil dari itu, 20 count misalnya... Sepertinya mata saya tidak sanggup dan harus pakai kaca pembesar untuk mengerjakannya :D.
Contoh tusukan silang seperti ini...

sumber : google.com
Ini kain aida 14 count yang diperbesar.  Kalau kain aida 11 count biasanya benang yang dipakai adalah sejenis benang wol, dan kainnya juga lebih kaku.

Pertama kali mengerjakannya saya pilih pola yang mudah, tidak banyak warna-warna, desain sederhana.  Ini dia...


Sebenarnya itu yang kedua...yang pertama gambar shio kuda, tapi masih berantakan banget.  Yang ini mendingan, rapihan... Desain sederhana, warna benang hanya 6 - 7 warna, membuatnya tidak perlu waktu lama.

Lalu merasa tertantang untuk mengerjakan yang lebih rumit lagi.  Browsing sana-sini, ketemu situsnya Sodastitch Indonesia.  Mereka jual pola dan paketan, plus gambarnya lucu-lucu.  Saya beli 2 paket, baru 1 yang saya kerjakan. Ini dia...


Lucu kaaaaaan?  Saya sungguh suka dengan desain keluaran Sodastitch.  Warna benangnya itu imut-imut semua.  Bikin pengen ngeborong kalau nggak inget uangnya...  Yang ini butuh waktu pengerjaan yang lumayan lama, banyak kesalahan karena tidak teliti menghitungnya.

Lalu sepupu ada yang akan melahirkan. Bingung mau kasih kado apa ya?  Mainstream banget kalau kadonya itu lagi, itu lagi... Akhirnya diputuskan untuk kasih gambar tusuk silang.  Paketnya beli di Hobby Craft yang khusus untuk bayi.  Hahaha, sampai bayinya umur 6 bulan 17 April besok, kadonya belum jadi....*ngumpet*.  Selain polanya agak rumit, saya juga agak angin-anginan mengerjakannya, ada aja godaan untuk menyelesaikan.  Etapi akhirnya selesai juga....


Ngahahaha, mengerjakan tusuk silang ini bikin ketagihan, kalau sudah pegang kain, benang dan jarum...bisa sering lupa waktu.  Hehehe, ada yang tertarik untuk dibikinin?  Let me know ya ;)

Nah, ini proyek selanjutnya.  Masih dari Sodastitch...paket yang ke 2.


Sengaja kasih dalam warna hitam dan putih, biar nggak ketahuan kayak apa warna-warnanya.  Diiiih, siapa juga yang penasaran sama warnanya?  >,<
Nanti kalau sudah jadi akan saya update di posting ini.

Thank you for reading and visiting my blog :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)