Selasa, 27 November 2012

[RANDOM] Produk skincare yang nggak jelas...

Selamat siang temans :)

Saya pernah posting kalau saya ini suka ngintip timeline olshop yang berjualan lewat twitter.  Produk yang ditawarkan memang banyak : baju, tas, jam tangan, fonts blackberry, kosmetik korea, sampai produk skincare.  Produk skincare sendiri beraneka ragam, mulai dari produk perawatan wajah sampai ujung kaki.  Beberapa minggu lalu timeline sempat full dengan iklan krim-krim perawatan wajah ini : krim a-DHA, krim walet, krim Anisa, dan beberapa merk lain.  Semua menjanjikan hasil wajah yang cerah, putih, mulus, dan bebas jerawat dalam waktu yang singkat.  Semua dijual dalam bentuk paket terdiri dari krim siang, krim malam, sabun muka, beberapa ada yang menyertakan toner.  Harga yang ditawarkan berkisar antara IDR100,000 sampai IDR300,000.

Tidak terlalu mahal. Saya sendiri nyaris tergoda untuk membeli paket krim walet.  Siapa sih, yang nggak pengen punya kulit wajah yang : cerah, putih, mulus lembut kayak kulit bayi, bebas jerawat, tidak berminyak, tidak ada flek hitam, serta pori-porinya kecil?  Dalam waktu cuma 2 minggu pulak!  Hayooo....ada yang begitu?
Dengan kondisi kulit wajah seperti di atas, make-up akan lebih mudah diaplikasikan.  Segala warna make-up pasti masuk, kan kulitnya putih :).  Pastinya kelihatan lebih cantik ya...

Hohoho. Seperti biasa saya browsing dulu kalau hendak membeli suatu produk, terutama produk untuk wajah ya.  Lihat-lihat dulu review di blog orang-orang, coba cari-cari dulu forum yang membahas tentang krim-krim paketan begini.  Ternyata, ooo...ternyata.  Di forum femaledaily.com, krim-krim begini masuk dalam thread produk yang nggak jelas dan cenderung berbahaya.

Kenapa berbahaya?  Karena krim ini disinyalir mengandung merkuri yang tinggi. Merkuri ini menghambat pembentukan pigmen sehingga kulit menjadi lebih putih.  Jika pemakai tidak tahan terhadap merkuri, akan timbul gejala penolakan di awal pemakaian seperti kulit memerah dan meradang atau jerawat bertambah.  Jika pemakai kebetulan kulitnya tahan, hasil di kulit wajah memang putih dan mulus tapiiii...si merkuri ini akan menyerap dalam kulit dan jalan-jalan bareng aliran darah ke organ-organ tubuh yang vital seperti ginjal, jantung, hati, sumsum tulang belakang dan otak.  Lama-lama makin banyak merkuri yang menumpuk, dan menimbulkan keracunan merkuri, yang sampai sekarang belum ada penawarnya :(
Gejala keracunan merkuri bisa di-googling sendiri ya :)

Naaah, sekarang kayak apa sih krim-krim yang ditawarkan itu?  Kebanyakan kayak gini ...
Yang warna kuning itu krim siang, warna putih krim malam, sabun muka yang harus dipakai tiap kali cuci muka, dan salep anti alergi atau anti jerawat itu ya?  Beberapa paket juga ada yang menjual dengan toner, yang dipakai sehabis mencuci muka dengan sabun sebelum memakai krim-krim itu.

Haaiiish, di forum femaledaily banyak yang sharing efek-efek yang tidak menyenangkan dari penggunaan krim-krim ini.  Ada pula yang sharing, beli krim dari sumber yang berbeda tapi dapetnya begitu-begitu juga...krim kuning-putih, sabun transparan oranye, sama toner/salep.
Whoaaaa...udah nggak ada tulisan bahan aktifnya apa, pabrik pembuatnya di mana dan siapa, nggak punya nomer registrasi BPOM.
Haduuuuuh, makanya krim-krim ini mendapat sebutan krim gajebo, ga jelas bok!

Habis membaca thread forum itu, saya jadi berpikir ulang. Aaah, buat apa punya kulit wajah mulus dan putih tapi numpuk merkuri di dalem badan?  Wajah saya bebas jerawat saja saya sudah sangat bersyukur, nggak usah sampai putih dan muluusss...:).  Kalaupun memang ingin wajah yang bersih dan mulus, ada baiknya konsultasi ke dokter kulit dulu, terutama kalau jerawatnya lumayan parah :).

Dokter kulit juga sebaiknya yang independen, bukan praktek di klinik kecantikan atau salon ya.
Menurut saya, kalau di klinik kecantikan atau salon...si dokter emang udah ngeracik krim perawatannya tapi sudah dalam jumlah yang banyak.  Tinggal dikasih ke pasiennya, jadi kadang beda pasien tapi krimnya sama.  Kalau dokter kulit praktek independen, dia akan kasih resep krim racikan sesuai kondisi kulit kita, bawa ke apotik untuk diracik, baru bisa dipakai.  Nanti beberapa minggu setelah pemakaian, kita kontrol, mungkin resep krimnya akan diganti...disesuaikan lagi dengan kondisi kulit sekarang. Idealnya sih begituuu.... :)

Jadi temans, tolong hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit muka ya. Daripada murah tapi numpuk racun, atau malah efeknya nggak jelas, kita harus ke dokter untuk berobat malah lebih mahal.  Kalau ada yang nawarin produk-produk dengan efek cepat tanpa kejelasan, cari-cari infonya dulu.  Minimal ada website resmi dari produsennya.

Lalu tiap kali habis pakai make-up jangan lupa bersihkan sampai benar-benar bersih dengan pembersih wajah yang cocok,  lalu gunakan pelembab kulit wajah ya ;)

Semoga cerita saya kali ini berguna :)

Thank you for reading and visiting my blog :)











3 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)