Selasa, 27 Agustus 2013

[MUSIK] Kalafina

Halo temans ^____^

Di postingan awal saya pernah bercerita kalau saya menyukai komik, anime dan musik Jepang. Salah satu pemusik dari Jepang yang saya sukai adalah Yuki Kajiura (maafkeun kalau bahasa di posting itu masih agak norak dan ceritanya juga nggak panjang). Yuki Kajiura ini mungkin bisa disebut musisi yang komplet-plet. Bisa nyanyi, main piano, membuat komposisi lagu, memproduseri band atau grup vokal. Salah satu grup vokal yang diproduseri beliau adalah Kalafina, yang tentu saja jadi grup vokal favorit saya. 

Saya dulu menganggap mereka sebagai grup vokal yang kelam dan misterius. Kenapa saya sebut kelam? Karena mereka selalu tampil dengan dandanan gothic lolita dominan warna hitam, terkadang dengan warna putih. Kayaknya nggak ceria gitu. Apalagi jika dibandingkan dengan vokalis binaan Yuki Kajiura yang lain yaitu Yuuka Nanri, waduuuuh...so gloomy. Pelan-pelan saya cari video musiknya di Youtube, ternyata lagunya enak-enak :D. Personilnya juga cantik-cantik. Sejak itulah saya ngefans dengan Kalafina. 

Jadi, siapa sik Kalafina ini?

Kalafina dibentuk oleh komposer Yuki Kajiura pada tahun 2007, terutama untuk menyanyikan lagu tema anime Kara no Kyoukai. Grup vokal ini pertama kali muncul pada bulan Januari 2008 dengan dua anggota asli dari proyek FictionJunction Yuki Kajiura, Wakana Otaki dan Keiko Kubota. Pada bulan Mei 2008, dua vokalis Maya Toyoshima dan Hikaru Masai, dipilih dari audisi dengan 30.000 peserta yang diadakan oleh Sony Music Jepang dan Yuki Kajiura, dikonfirmasi sebagai anggota terakhir dari Kalafina. Lalu pada bulan Mei 2009, Sony Music Jepang mengumumkan bahwa Maya tidak lagi menjadi anggota Kalafina. Hanya 3 orang saja yang aktif : Wakana, Keiko dan Hikaru.


Single pertama mereka berjudul Oblivious, versi cd album dinyanyikan oleh Wakana dan Keiko saja. Versi baru yang beredar sudah dinyanyikan oleh mereka bertiga. Seperti di video Youtube ini...



Single berikutnya adalah Sprinter/ARIA, fairytale dan Lacrimosa yang disusul dengan release album pertama di bulan Maret 2009 yang diberi judul Seventh Heaven.

Bulan Mei 2009, single berikutnya dirilis yaitu Storia, yang merupakan ending dari film dokumenter NHK yang berjudul Rekishi Hiwa Historia. Bulan Agustus 2009 mereka merilis single Progressive, dan Hikari no Senritsu pada bulan Januari 2010. Lalu pada bulan Agustus 2010, album kedua Red Moon dirilis di Jepang.





Video Youtube yang saya dapatkan versi live semua, karena versi original video banyak yang di-banned :(. 

After Eden yang merupakan album ketiga dirilis pada bulan September 2011, setelah sebelumnya meluncurkan single ke 8 dan 9 Kagayaku Sora no Shijima ni wa dan Magia.



Album keempat yaitu Consolation dirilis pada bulan Maret 2013, dan saya belum punya T_T. Tiga album pertama saya punya semua, tapi yang keempat belum :D. Maklum, ibu rumah tangga yang nggak pengin punya kartu kredit, jadi sedikit gigit jari ketika mau transaksi di online shop luar negeri yang hanya menerima kartu kredit.

*ngurek-urek tembok*

Etapi, kenapa suka sama Kalafina?

Pertama, semua vokalisnya cantik :D....*halah*. 
Nggak ding, yang jelas suaranya bagus. Nggak semua grup vokal punya tampilan live yang keren dan bagus. Kalafina? Jangan ditanya. Yuki Kajiura punya standar yang tinggi dalam memilih semua vokalis lagunya. Coba dengarkan Saeko Chiba, See-Saw (Chiaki Ishikawa), FictionJunction Yuuka (Yuuka Nanri), FJ Kaori (Kaori Oda), atau Emily Bindiger. Semua punya kualitas vokal yang prima, malah kadang versi panggung lebih bagus daripada versi rekaman.



Kedua, lagu-lagunya bagus. 
Hampir semua lagu Kalafina ditulis dan dikomposisikan (written and composed) oleh Yuki Kajiura. Selalu ada unsur klasik di setiap lagu, menggunakan alat musik violin dan piano. Memang sik, pertama dengar akan terasa aneh tapi setelah beberapa kali didengar, baru akan terdengar bahwa lagu ini memang bagus. Ciri khas lagu dan musik Yuki Kajiura.



Ketiga, penampilan panggung yang khas.
Keseringan nonton Youtube yang kebanyakan tampilan mereka di panggung, saya jadi memperhatikan kostum dan panggungnya. Suasana panggung seperti teater, megah dan besar dengan latar belakang semi gothic. Kostum panggung pun tetap bergaya lolita, dengan korset gaya Eropa yang menjadi ciri khasnya. Rrrrr, saya perhatikan semua vokalisnya Yuki Kajiura selalu memakai korset di setiap penampilan panggungnya, apakah itu untuk membantu mengeluarkan suara yang prima? Entahlah...



Keempat, mereka mau datang ke Indonesia! 
Alasan yang benar adalah yang tiga itu doang. Yang keempat itu, nemunya nggak sengaja ketika browsing ke websitenya Anime Festival Asia (AFA) Indonesia 2013. Pengen tau artisnya siapa saja, ternyata ada Kalafina! Hoooraaaay.... Tahun 2012 Kalafina manggung di AFA Malaysia, tahun sebelumnya di AFA Singapura, kali ini mereka ke Indonesia. 



Saya bilang sama suamik, kalau Kalafina mengadakan konser tunggal di Singapura atau Kuala Lumpur, saya mau jebol celengan...saya mau nonton mereka. Eternyata, saya nggak perlu jebol celengan buat beli tiket pesawat, cukup buat beli tiket AFA Indonesia 2013 saja. Meskipun mungkin waktu konsernya nggak lama kali ya, secara waktunya dibagi bersama 2 penampil yang lain yaitu BabyMetal dan fripSide. Duuh, saya nggak sabar menunggu tanggal 7 September besok :D

Nggak panjang-panjang ceritanya. Kalau sempat dan bisa ambil foto di event AFA Indonesia akan saya ceritakan di blog. Bonus video Youtube, lagu epic dari See-Saw yang dinyanyikan ulang oleh Kalafina, merupakan ending anime Kidou Senshi Gundam Seed : Anna ni Issho Datta no ni...


Selamat menikmati :)

Salam,

Dina

Catatan : semua foto saya ambil dari Google, dengan segala hormat untuk pengunggahnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)