Kamis, 29 Agustus 2013

[RANDOM] Iseng Membuat Lip Balm

Halo temans ^____^

Beberapa waktu lalu, lipstick favorit saya patah. Sepertinya karena kepanasan di dalam tas. Saya bawa entah ke mana tapi terus terbawa di dalam tas sehingga kepanasan dan akhirnya patah. Mau dipakai, malah mengsol-mengsol nggak jelas di bibir akhirnya saya simpan saja. Lalu ce Phanie dari Diary of A Product Junkie posting cerita membuat sendiri lip balm berwarna, yang salah satu bahannya adalah lipstick. Waaah...ide bagus nih, memanfaatkan lipstick yang tidak bisa dipakai. Kalau mau baca ceritanya ce Phanie, sila klik judul blognya dia ya :)

Apa saja bahan yang diperlukan?

Sesuai resep dari ce Phanie, bahan yang dipakai adalah minyak zaitun (olive oil), lilin lebah (beeswax), dan lipstick. Alatnya gampang, yang ada di dapur saja : mangkuk tahan panas, panci, sendok, dan jangan lupa jar kecil untuk menaruh hasilnya.


Minyak zaitun yang saya pakai adalah jenis extra virgin olive oil (EVOO). Kayaknya sih bisa memakai minyak lain, seperti minyak kelapa (coconut oil) dan minyak almond (almond oil), asal jangan minyak kelapa sawit :D. EVOO ini biasa dipakai di campuran salad dan tidak untuk menggoreng karena titik didihnya rendah. Saya pakai karena ada di dapur dan enak di kulit, cuma kalau langsung dipakai di bibir rasanya kayak habis makan gorengan XD.

Itu lilin lebah dari mana, ambil dari sarang lebah?

Lilin lebah (beeswax) bisa didapatkan di toko bahan kimia. Kemarin saya coba menghubungi pak Jimmy, pedagang di Kaskus yang jualan bahan-bahan kimia seperti lilin lebah, shea butter, atau essential oil. Sama dia beli minimal 1 kg, laaaah...baru buat percobaan masa' beli 1 kg. Banyak banget... Untungnya ce Phanie mau jualan lilin lebahnya, akhirnya beli sama dese deh. Thank you...:)

Cara membuatnya mudah :

  • Ukur minyak zaitun sesuai tempat yang akan dipakai. Kebetulan saya mau buat 2 jar kecil itu, maka saya tuang minyak zaitun sebanyak 2 jar kecil. Taruh di mangkuk tahan panas.
  • Ambil sedikit lilin lebah dan taruh ke dalam mangkuk. Kemarin punya saya sepertinya kebanyakan deh :D. 
  • Panaskan air di dalam panci atau wajan, taruh mangkuk yang berisi minyak zaitun dan lilin lebah. Biarkan lilin lebahnya meleleh lalu aduk rata.



  • Ambil lipstick yang patah, cowel sedikit dengan menggunakan tusuk gigi dan campurkan ke dalam lelehan di mangkuk.
  • Aduk sampai warna lipstick merata dalam lelehan. Matikan api dan biarkan sebentar.

  • Tuang campuran ke dalam jar kecil yang sudah disterilkan dengan air mendidih. Isssh, saya lupa ambil foto pas menuang di jar. Yah, bayangin aja yak...
  • Biarkan mendingin dalam suhu ruang atau masukkan ke dalam kulkas supaya lebih cepat membeku. 
Hasilnya seperti apa?

Taraaaaaa...


Hehehe, teksturnya mirip banget sama Etude House Hello Kitty Cake Fragrance :D. Agak keras dan susah diambil. Tadinya saya berharap hasilnya mirip-mirip sama kayak Lip Butternya TBS laaaah...*ngayal babuk*. Buatan rumah tentu beda dengan buatan pabrik, yang jelas bahannya juga beda sih. Lagipula ini kan percobaan pertama...*membela diri*

Sempat nggak mau dipakai tapi mikir...udah dibikin ngapain nggak dipakai. Untungnya di bibir baik-baik saja. Malah enakan pakai lip balm ini daripada pakai punya TBS. Kok bisa bilang lebih enak? Kemarin saya puasa Syawal (mumpung masih bulan Syawal), karena puasa tentu konsumsi air putih berkurang doong. Biasanya kalau saya pakai lip butter TBS di pagi hari, siang-siang itu bibir jadi kering dan sedikit mengelupas. Nah, pakai lip balm buatan sendiri ini, sampai siang bibir nggak mengelupas. 

So happy \(^o^)/ ...

Emang sih warnanya nggak muncul di bibir, mungkin karena lilin lebahnya terlalu banyak. Selama nggak ada masalah serius dengan bibir saya, akan tetap saya pakai. Cuma nggak tahu nih, daya tahannya berapa lama. Mustinya pakai pengawet alami seperti vitamin E, tapi saya nggak pakai. Ya sudahlah, kalau sudah mulai ada bau-bau aneh ya harus dibuang. Bikin lagi, mumpung masih punya bahan-bahannya :D.

Yang mau coba, silakan lhooo...nanti saya dibagi ceritanya :)

Selamat mencoba.

Salam,

Dina




7 komentar:

  1. jadi inget waktu SMA... hihihi. Dulu saya sekolah farmasi...sering praktek bikin beginian... hand body lotion, milk cleanser, gel rambut.. tapi skr udh lupa hihi.

    BalasHapus
  2. Aku lagi pengen bikin body butter sendiri, liat di youtube kok pakai acara di-mixer segala (ngga punya mixer). Buat nyatuin campurannya apa ya... Browsing lagii...

    BalasHapus
  3. hai, aku lagi mau buat project bisnis untuk tugas kuliah, kebetulan lipbalm home made jadi salah satu sorotanku. boleh minta link penjual di kaskus yg di mention di atas ga? kebetulan butuh bahan bahannya ^^ thanks before ^^

    BalasHapus
  4. dear mba/mas
    mohon izin menawarkan lilin lebah(beeswax)
    saya memiliki lilin lebah dari sumatera
    jika berminat bisa d uji terlebih dahulu setelah itu baru negosiasi harga, jika berminta bisa hub saya
    hub saya " 081280390908

    BalasHapus
  5. Waah kalau ini aku pernah coba untuk tugas kuliah, di tester ke aku terus bibir ga kering, akhirnya pakai terus hehe. Btw beeswax bisa buat jadi bahan dasar lilin trs bisa nyembuhin asma. Boleh tuh di coba hehe

    BalasHapus
  6. Itu kadaluarsanya sampe kapan ya? Makasih

    BalasHapus
  7. Itu kadaluarsanya sampe kapan ya? Makasih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)