Kamis, 10 Januari 2013

[MAKAN-MAKAN] Dago Panyawangan, Bandung

Halo temans :)

Ini posting udah basi banget kali ya, karena isinya oleh-oleh cerita dari liburan ke Bandung kemarin.  Hihihi, nggak apa-apa ya ;).  Iyah, jadi ke Bandung kemarin itu, selain nginep di hotel kepengenan, saya dan suami juga makan di restoran ini.  Ini kali kedua saya makan di situ. Kenapa?  Karena saya jatuh suka dengan masakannya...suami saya juga. Halaaaah, emang tukang makan sik kami berdua ini.  Yep, saya jatuh cinta dengan masakan di Restoran Dago Panyawangan, Bandung.

Restoran ini ada di Jalan Ir H Juanda no 127, Bandung Jawa Barat.  Orang mungkin lebih mengenal jalan ini dengan nama Dago.  Letaknya deketan sama banyak factory outlet, jadi kalau laper abis muter ngubek-ngubek FO bisa langsung makan ke sini.
Halaman parkir depan...
Tempat parkir di depan memang sempit, hanya bisa memuat 8-10 mobil tapi di halaman belakang ada tempat parkir lagi.  Biasanya kalau sudah penuh, kita harus pakai jasa valet si abang parkirnya.  Kunci mobil dititipkan ke abang parkir, jadi nanti dia yang pindah-pindahin mobil kita. Kunjungan pertama kami masih nyaman, tempat parkir masih banyak.  Kunjungan kedua kemarin musti pakai valet karena penuh, dan masuk dalam waiting list.  Ck...

Nama Dago Panyawangan, ceritanya dulu...dari rumah makan ini bisa memandangi bukit Dago dari kejauhan.  Waktu dulu pasti belum ada banyak bangunan seperti sekarang, jadi dari kejauhan bukit Dago yang indah bisa disawang (nyawang) = dipandang.  Jadilah namanya Dago Panyawangan :).  Sekarang?  Boro-boro bukit Dagonya keliatan :D, yang keliatan cuma FO dan FO lagi...

Waaaah, karena masuk dalam daftar tunggu, saya dan suami duduk saja di kursi yang disediakan di dekat kasir di depan.
Sambil menunggu, kami diberi kertas berisi daftar menu.  Sambil lihat-lihat menu apa yang bisa dipesan, kami mengobrol.  Beberapa keluarga lain memilih jalan-jalan dulu ke FO sekitar.  Kami tidak ke FO karena tujuannya cuma makan siih :D.  Berhubung masih lama akhirnya saya sholat Dzuhur dulu di musholla yang ada.  Musholla ada di bagian belakang rumah makan, disediakan tempat wudhu, sajadah, sarung, dan mukena.  Sayangnya, mukena yang ada sudah lama tidak dicuci sepertinya, jadi little bit smelly.  Untung bawa mukena sendiri...:(

Selesai sholat, balik ke depan, eeee...ternyata suami sudah duduk manis di meja.  Alhamdulillaah, dapet meja juga :).  Ruangan dalam restoran...
Makanan sudah dipesan juga, tinggal tunggu datang, lalu suami saya gantian sholat.  Kali ini kami memesan...jreng...jreeeeeng... Nasi bakar, ayam cabe ijo dada, ayam penyet dada, gurame goreng ala panyawangan, oseng jamur, tumis kangkung oncom, tahu kremes, dan lemon hangat.  Dhuaaaar...banyak yah? Soalnya laper...dari pagi belum makan berat :D

Akhirnya, yang ditunggu-tunggu datang juga. Ini dia...
Sepertinya nasi bakar adalah signature dish dari restoran ini.  Banyak yang pengunjung yang memesan nasi bakar.  Berasa banget bumbunya,  sedikit mirip nasi uduk tapi ada aroma asap daun pisang yang dibakar.  Sampai akhirnya 1 bundel berasa kurang dan akhirnya nambah lagi, harus menunggu sampai 10 menitan deh... tapi memang nasi bakar ini layak ditunggu, enak banget sih!  Buat saya makan sampai 2 bundel ini prestasi luar biasa...*ngakak*

Gurame goreng ala Panyawangan, enak.  Gurame digoreng garing, disiram saus spesial dengan irisan bawang bombay, paprika, dan sepertinya ada nenas karena ada sedikit rasa asam.  Karena digoreng garing, sirip gurame menjadi renyah dan bisa saya gerogoti.  Hehehe, saya ini bukan penggemar ikan air tawar kecuali digoreng kering :D

Ayam cabe ijonya, kurang nendang.  Apalagi dibandingkan dengan ayam cabe ijo khas masakan Padang.  Ya iyalaaah...:D.  Menurut saya, cabe ijonya kurang bumbu (sok tau mode : ON).  Lain kali tidak akan pesan lagi :).  Ayam penyetnya nggak sempet dicolek sama saya, udah keburu abis dimakan suami.

Tumis kangkung oncomnya enak, meski tidak semantap kangkung hot plate-nya. Oiya, kangkung hot plate ini kami pesan waktu kunjungan pertama.  Ada unsur seafoodnya, yaitu udang.  Saya lagi menghindari udang, jadi ngga pesen dulu deh.  Padahal pengen banget...:(.  Oseng jamurnya biasa, tidak terlalu istimewa, atau karena udah kebanyakan lauk ya?  Jadi rasa makanan tidak terlalu enak lagi?  Hahahaha... Kalau tahu kremes ini favorit saya, enak banget.  Tahu khas Bandung yang digoreng dan ditambahkan bumbu kremes.  Nyuuuum....

Perut kenyang, hati senang tapi dompet tidak begitu tenang.  Hahahaha...:D.  Nggak kok...yang namanya makan-makan di saat liburan kan, sudah masuk budget liburan.  Jadi agak mahal sedikit ya nggak apa-apa.  Harga makanannya tidak terlalu mahal.  Kalau hanya pesan nasi, lauk seperti ayam, lalu minum, habisnya tidak terlalu banyak.  Kalau pesan ikan seperti gurame, baronang, atau seafood lain, baru agak mahal :).  Ditambah ini sedikit kalap sama nasinya...*tertundukmalu*

Ah iya, lain kali mau ke sini di saat liburan, enaknya bikin reservasi dulu deh. Tanya-tanya sama kasir, memang sering penuh kalau pas weekend. Bisa reservasi lewat telepon no 022-2501815, tapi saya nggak tanya kalau reservasi gitu syaratnya apa aja, pakai uang muka atau nggak..:)

Okaaay, itu oleh-oleh cerita tempat makan dari Bandung.  Abis ini cerita tentang hotel kepengenannya yaa... Moga-moga belum bosen ama sayaah...;)

Thank you for reading and visiting my blog :)











1 komentar:

  1. Sangat menarik jika menyimak kupasan menikmati restoran sunda yang ada di Dago Panyawangan ini. tempat makan keluarga di dago ini memang sangat rekomended sekali untuk dikunjungi sebagai tempat kuliner ria bersama istri, anak dll.

    terima kasih informasinya, sangat menginspirasi tulisannya. !!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)