Minggu, 20 Januari 2013

[PERSONAL] Ritual sebelum lenongan pagi dan sebelum bobok manis

Halo temans ^___^

Sebenarnya malu deh, mau ceritain tentang ritual harian ini tapi karena banyak fans yang minta pengen sharing ya sudahlah, saya ceritakan saja :D
Yang namanya merawat kulit wajah, itu pasti dan wajib bagi kita perempuan. Tentunya kita nggak mau punya kulit wajah yang kusam, nggak cerah, atau berjerawat.  Kalau terang atau gelap, tergantung kita dapat darimana kan?  Walaupun ada yang bapak ibunya berkulit gelap tapi karena perawatan yang rajin kulit wajahnya jadi terang juga siiih...:)

Yang mau saya ceritakan di sini adalah ritual harian saya tiap pagi sehabis mandi dan tiap malam sebelum bobok manis, yaitu membersihkan kulit wajah.  Dulunya sih, saya tergantung mood dalam ritual harian ini.  Kalau lagi seneng bersihin ya rajin, lengkap dengan koleksi skincare-nya dalam satu seri. Kalau lagi malas, ya super malas cuma sabunan aja. Waktu dulu sempat pakai tea tree series dari The Body Shop, yang ditujukan untuk perawatan kulit berjerawat dan berminyak.  Maklum, saya berkantor di jalan Gajah Mada Jakarta Pusat, setiap pagi dan sore pasti berjibaku dengan udara kotor berpolusi di Jakarta.  Mau nggak mau, dan harus...kulit wajah harus dibersihkan.

Setelah kantor pindah ke daerah Bintaro, Tangerang Selatan...keadaan kulit wajah saya semakin membaik.  Jerawat mulai jarang muncul.  Karena apa? Perjalanan dari rumah ke daerah Bintaro tidak melewati jalur bis-bis yang mengeluarkan asap berpolusi, jadi udaranya masih lumayan bersih.  Nah, sejak kulit jarang berjerawat ini saya jadi pede pakai riasan lengkap.  Tadinya cuma berani pakai pelembab, bedak, dan lipstick.  Setelah agak bersih, mulai berani pakai foundation dan tambahan blush on. Nggak pakai riasan mata karena mata saya sensitif banget...  Nah, karena make-upnya bertambah, tiap pulang kerja tetap membersihkan muka.

Tapi ada kalanya saya malaaaas bermake-up,  jadi cuma pakai pelembab dan bedak saja.  Ini terjadi pada saat-saat terakhir saya ngantor, pas mau berhenti kerja gitu deh.  Cuma pakai pelembab, membuat saya pun malas membersihkan kulit wajah.  Boro-boro membersihkan muka secara lengkap, kalau udah capek...nyabunin muka pas mandi aja udah beruntung banget.  Efeknya apa?  Pelan-pelan kulit saya menjadi kusam, jerawat bruntusan mulai muncul lagi di jidat, bagian bawah bibir menjadi kering, lipatan hidung juga kering...pokoknya nggak oke banget deh :(.  Dibuat dandan juga susah banget, sampai kadang malu sendiri sama suami.

Sampai akhirnya saya jadi sering berkelana di dunia maya, baca-baca blog orang, dan tersadar.... Ooooh, rajin membersihkan kulit wajah itu sebaiknya dilakukan sedini mungkin.  Apalagi untuk wajah yang sehari-harinya dihiasi lenongan warna-warni secara lengkap.  Dengan rajin melakukan ritual tersebut, diyakini kulit wajah kita akan sehat, bersih, dan lembab, mau ngelenong gaya apapun hasilnya pasti bagus, dan kondisi kulit kita saat kita tua nanti juga tidak terlalu berkeriput (kalau yang ini, entah ya...).  Dan saya pun kembali terseret arus untuk melengkapi skincare yang saya punya...T_T

Jadi apa saja yang harus kita lakukan sebelum mulai berdandan dan sebelum pergi ke peraduan (bilang aja kasuuurr...).  Ini yang saya lakukan...

Pagi, sehabis mandi dan sebelum dandan :
  1. Cuci muka dengan sabun Johnson's Baby Milk Soap (review baca di sini).  Buat temans, sabun mukanya bebas apa aja sih, tergantung kamu suka pakai sabun apa.
  2. Dalam kondisi setengah kering dan agak lembab, pakaikan toner.  Ini wajib karena dengan memakai toner, sisa-sisa sabun dan kotoran lain yang nggak kelihatan akan terangkat.  Perhatikan jenis tonernya, untuk kulit berminyak atau kulit kering.  Untuk kulit berminyak biasanya mengandung alkohol untuk mengurangi kadar minyak.  Untuk kulit kering biasanya mengandung pelembab.  Saat ini toner yang saya pakai adalah Etude House Wonder Pore Freshner (review menyusul), sebelumnya saya pakai Skinfood Fresh Apple Sparkling Pore Toner (review menyusul).  Sebenarnya dua toner ini untuk kulit berminyak, tapi saya pakai karena saya pengen pori-pori kulit wajah saya agak mengecil :D
  3. Setelah toner, pakai pelembab.  Pilih pelembab yang cocok untuk jenis kulit wajah.  Saya sebetulnya menyukai pelembab yang tidak memberi efek yang lengket di wajah.  Nah, kemarin saya pakai Skinfood Fresh Apple Sparkling Pore Cream (review menyusul).  Ini dipakai enak banget, nggak lengket.  Eeeee, pas ikutan PO di Rie Butik dapat info kalau di Korea lagi out of stock barangnya.  Akhirnya saya ganti item, dan sekarang lagi memakai Etude House Skin Malgeum Emulsion sebagai pelembab (review menyusul).
  4. Toner sudah, pelembab sudah, sekarang wajah sudah bersih dan lembab...sila pakai produk lenongannya...:D.  Saya kan jarang-jarang pergi tapi pengen kulit wajah tetap cliiiing gitu ya, saya pakai bb cream tipis-tipis dan liptint + lip butter di bibir.  Hasilnya kulit wajah saya kelihatan fresh dan dewy gitu deeeh.... Sukaaaa...:D
Setelah seharian beraktivitas, entah di dalam rumah atau ke luar, malamnya saya bersihkan lagi. Ini urutan ritualnya :
  1. Angkat makeup di wajah dengan menggunakan baby oil.  Oleskan baby oil ke seluruh bagian wajah, lalu angkat pelan-pelan dengan menggunakan tisu atau kapas.  Kalau nggak suka baby oil bisa pakai cleansing oil atau cream makeup remover.  Saya sih pakai yang ada aja...:D.  Baby oil cukup ampuh mengangkat sisa-sisa bb cream atau lenongan muka yang lain. Kalau merasa belum keangkat semua, bisa dilakukan 2 kali.
  2. Cuci muka dengan sabun yang sama dengan ritual pagi.
  3. Pakai toner yang sama dengan ritual pagi.
  4. Pakai krim malam.  Naaah ini, banyak orang yang mengabaikan krim malam ini.  Tadinya saya juga begitu.  Ngapain juga pakai krim malam?  Tanpa krim malam, kulit wajah pas bangun juga kusut-kusut kena bantal dan sedikit berminyak...:D.  Hahaha, ternyata krim malam ini, kalau kita memilih krim yang tepat bisa membuat kulit lebih halus, lembab, dan mengurangi keriput.  Saya sendiri nggak tau krim malam yang tepat itu yang seperti apa, karena saya juga masih coba-coba dan belum kelihatan hasilnya.  Saat ini saya memakai Skinfood Steam Milk Mask Cream sebagai krim malam (review menyusul). Moga-moga ini krim malam yang tepat untuk saya :)
Hehehe...itu ritual harian saya.  Oh iya, tambahan...setiap 3 hari sekali, kalau lagi nggak malas saya pakai masker.  Gantian siiih... antara Skinfood Black Sesame Seed Hot Mask (baca review di sini) dan Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask (kemasan mini jar, review menyusul).

Yah, saya nggak muluk-muluk pengen kulit wajah saya kayak artis Korea (meskipun saya pakai produk Korea semua :p) tapi setidaknya saya punya kulit bersih, lembab, dan tidak berjerawat.  Itu saja, semua demi membuat saya menjadi lebih percaya diri, dan tentu saja membuat suami saya senang ;).  Apalagi kalau bisa kayak Lee Da Hae begini...

Muahahahaha...berkhayal boleh doooong.  Omong-omong saya suka melihat aktingnya di drama Korea Miss Ripley Who I Loved.  Badannya keren banget....*loooh*

Yuuuk, yang punya ritual pagi dan malam juga, boleeeh dooong...dibagi-bagi ceritanya.  Tinggalin aja alamat blog kamu di kolom komentar, dengan senang hati saya akan main.

UPDATE
Halo temans :)
Mau update sedikit tentang ritual pagi dan malam hari, terutama saat membersihkan wajah.

  1. Di pagi hari sebelum dandan, mengangkat sisa-sisa krim malam dan minyak di hidung dengan Etude House Baking Powder Pore Cleansing Cream (tunggu reviewnya). Di malam hari, menghapus bb cream atau sisa makeup lain dengan cleansing cream yang sama.
  2. Lanjutkan dengan double cleansing menggunakan Etude House Baking Powder Pore Cleansing Foam (tunggu reviewnya juga).
Selebihnya sama, toner maupun emulsion/krim malam, tidak ada perubahan.  Sudah 2 minggu menjalani ritual seperti ini, hasilnya mulai kelihatan...wajah jadi terlihat lebih bersih dan enak banget buat dipake ngelenong...:D

Thank you for reading and visiting my blog :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)