Minggu, 28 Juli 2013

[MANGA] Cardcaptor Sakura

Halo temans ^____^

Dari beberapa judul manga yang ada di lemari buku, saya pilihkan Cardcaptor Sakura sebagai bahan cerita kali ini. Di antara shoujo manga yang saya punya, manga ini adalah manga yang paling sopan, baik dari segi gambar maupun jalan ceritanya. Hehehe, mungkin karena tokoh utamanya adalah anak sekolah berumur 10 tahun dan nuansa cerita yang bersifat magical.

Langsung ya....

sumber : Wikipedia

Manga ini digambar dan diceritakan oleh 4 orang mangaka yang menamakan diri mereka CLAMP. Kalau tidak salah mereka masih eksis sampai sekarang, mereka adalah Nanase Ohkawa, Mokona, Tsubaki Nekoi dan Satsuki Igarashi. Karya-karya CLAMP antara lain adalah X, Chobits, Tsubasa Reservoir Chronicles, XXXHolics, Magic Knight Rayearth, dan masih banyak lagi.

Diterbitkan pertama kali di Jepang oleh penerbit Kodansha pada bulan November 1996. Sebanyak 12 tankoubon (volume) diterbitkan sampai dengan bulan Juli 2000. Haeee...manga ini sudah lumayan lama tapi masih banyak yang menyukainya. Di Indonesia diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo, yang menerbitkannya secara dibalik. Well, manga asli dari Jepang dibuka dan dibaca halamannya dari kanan ke kiri. Sementara terbitan Elex, dibuka dan dibaca dari kiri ke kanan yang mengakibatkan semua gambar harus dicetak terbalik (ini yang sangat saya sayangkan). Masih untung namanya tidak diganti :). Sekarang sih, komik-komik baru terbitan Elex sudah sama jilidannya dengan terbitan asli Jepang.

Cerita berpusat pada seorang anak perempuan yang bernama Sakura Kinomoto. Sakura ini tidak sengaja menemukan sebuah buku yang tersegel, yang kemudian tidak sengaja membuka segelnya dan bertemu dengan penjaga buku Kerberos (Kero). Sebenarnya di dalam buku itu tersimpan kartu-kartu yang mempunyai kekuatan magis. Kero menyebutnya kartu Clow, sesuai dengan nama pembuatnya yaitu penyihir Clow Reed. Tetapi ketika Sakura membuka bukunya, kartu Clow itu sudah hilang entah ke mana. Kero percaya bahwa Sakura juga mempunyai kekuatan magis, karena tidak sembarang orang bisa membuka segel buku tersebut. Dikatakan oleh Kero kalau semua kartu Clow itu tidak segera ditemukan, maka malapetaka akan menimpa dunia ini. 

sumber : MangaPark.com

Khawatir akan malapetaka yang dikatakan Kero, Sakura pun membuat perjanjian dengan Kero sebagai penjaga buku untuk mencari kartu Clow tersebut. Sebagai tanda perjanjian, Sakura diberi sebuah tongkat yang berguna untuk mengaktifkan kekuatan yang ada di kartu. Semua kartu Clow mempunyai kekuatan yang bisa digunakan sendiri-sendiri atau digabungkan.

sumber : MangaPark.com

Dalam perjalanannya mencari kartu-kartu tersebut, Sakura selalu ditemani oleh Kero yang berubah wujud menjadi boneka mungil bersayap, yang tentu saja bisa terbang dan berbicara. Juga ditemani oleh teman sekelasnya yang bernama Tomoyo Daidouji. Tomoyo ini selalu membuatkan kostum khusus untuk Sakura, yang modelnya disesuaikan dengan kartu yang dicari. Hihihi...bajunya lucu-lucu, makanya sering dijadikan baju cosplay oleh para cosplayer anime Cardcaptor Sakura. Di rumah, Sakura hidup bersama ayah (Fujitaka) dan kakak laki-lakinya (Touya). Ibu Sakura (Nadeshiko) sudah meninggal ketika Sakura berumur 3 tahun.

sumber : MangaPark.com

Suatu hari datanglah murid pindahan dari Hongkong ke sekolah Sakura, namanya Li Syaoran. Begitu berkenalan, Sakura langsung ditanya sudah mengumpulkan berapa banyak kartu Clow? Kalau tidak bisa mengumpulkan dalam waktu yang singkat, lebih baik serahkan kartu-kartu itu padaku, kata Li Syaoran. Merasa kaget karena ada yang mengetahui kegiatannya mengumpulkan kartu Clow, Sakura pun menceritakan tentang Li Syaoran kepada Kero. Kata Kero, mungkin Li Syaoran ini adalah kerabat jauh dari ibu Clow Reed, yang memang berasal dari Cina.

sumber : MangaPark.com

Terkesan memusuhi Sakura, tapi sebenarnya Li Syaoran ini baik hati. Akhirnya dia selalu membantu Sakura setiap kali berhadapan dengan kartu Clow. Lucunya, setiap kali Syaoran bertemu dengan teman sekelas Touya yang bernama Yukito Tsukishiro, wajahnya menjadi merah. Hihihi...padahal Sakura juga diam-diam menyukai Yukito.

Akhirnya Sakura berhasil mengumpulkan seluruh kartu Clow dan harus menghadapi ujian penentuan sebagai pemilik (master) kartu Clow yang baru. Di ujian penentuan ini Sakura harus menghadapi Yue, si penjaga buku yang satu lagi. Jadi, penjaga buku Clow ini ada 2, Kerberos (matahari) dan Yue (bulan). Dasarnya Sakura ini cerdas, dia pun lolos ujian penentuan dan menjadi pemilik kartu Clow yang baru. Yeaaaaay....

sumber : MangaPark.com

Sesudah ujian penentuan selesai, Sakura pun melewati hari-hari sekolahnya dengan tenang. Tidak ada kejadian yang berarti, sampai akhirnya datang seorang murid pindahan lagi dari Inggris.  Bernama Eriol Hiiragizawa. Sejak kedatangan Eriol, mulailah beberapa kejadian aneh yang melibatkan kartu Clow dan Sakura. Tentu saja Sakura harus menyelesaikan kejadian aneh tersebut yang pada akhirnya menyebabkan perubahan fisik kartu Clow.  Perubahan fisik kartu Clow menjadi kartu Sakura ini membutuhkan energi yang besar dari pemiliknya, sehingga tak jarang Sakura sering pingsan atau  ketiduran di kelas.

sumber : MangaPark.com

Setelah semua kartu Clow berubah menjadi kartu Sakura, barulah Eriol mengatakan kepada Sakura bahwa sebenarnya dia adalah reinkarnasi dari Clow Reed. Sebenarnya ada 2 orang yang merupakan reinkarnasi Clow Reed, satu orang adalah Eriol, satunya lagi adalah...jreng...jreng... ayahnya Sakura ^____^. Sayangnya seluruh kekuatan sihir Clow Reed hanya turun kepada Eriol, dan Eriol ingin membaginya kepada ayah Sakura. Untuk itu Eriol butuh bantuan Sakura yang sudah menjadi seorang penyihir yang setara dengan Clow Reed (karena berhasil mengubah seluruh kartu Clow menjadi kartu Sakura).

sumber : MangaPark.com

Sakura pun akhirnya memenuhi permintaan Eriol dan berhasil membagi kekuatan sihir Eriol dengan ayahnya. Jadi sekarang ayahnya pun mempunyai kekuatan sihir dan bisa melihat roh Nadeshiko yang kadang suka turun menengok anak-anaknya :). Bisa dibilang manga ini mempunyai akhir yang bahagia. Menurut saya, dari beberapa manga CLAMP yang sudah saya baca, mungkin ini satu-satunya manga CLAMP yang happy ending :).

sumber : MangaPark.com

Yang lainnya? Kebanyakan tidak jelas :D. Yah, membaca manga bikinan CLAMP itu membutuhkan pemikiran yang sedikit dalam. Harus menganalisis dulu, kenapa bisa begini dan kenapa bisa begitu. Jadi nggak santai. Kalau Cardcaptor Sakura ini ringan, tidak perlu berpikir terlalu dalam saat membacanya. Walaupun ringan, ada beberapa issue yang agak mengganggu juga di manga ini. Misalnya hubungan antara Touya dan Yukito yang mengarah ke percintaan sesama jenis, meskipun hubungan mereka tidak dibahas terlalu dalam. Juga hubungan antara seorang teman sekolah Sakura dengan guru kelasnya, yang bisa dianggap lolicon (menyukai anak kecil).

sumber : MangaPark.com


Selain manga, Cardcaptor Sakura ini juga dibuat dalam bentuk anime. Dulu sempat nonton animenya, tapi tidak sampai tamat karena terlalu banyak fillernya sehingga ada cerita yang berbeda dengan manganya. Selain anime, juga dibuat movienya sebanyak 2 judul. Kalau movie, saya belum nonton sama sekali. Saya beruntung sempat mengumpulkan manga ini dari jilid 1 - 12. Di pasaran komik bekas, harganya lumayan bagus tapi punya saya tidak akan saya jual. Hihihi, mau diwariskan buat anak. Kalau penasaran pengin baca, bisa membaca lewat situs manga online seperti sumber gambar-gambar di atas.

sumber : wallpaper.com

Oh iya, sampai sekarang pun karakter Cardcaptor Sakura ini masih banyak penggemarnya loh :). Masih banyak cosplayer yang mengambil karakter dalam Cardcaptor Sakura. Dulu saya sampai mengumpulkan wallpaper desktop bergambar Sakura ini :D. Jaman kuliah dulu, ke warnet bawa disket, kumpulin gambar-gambar Sakura di internet lalu simpan di disket, sampai kosan scan dulu disketnya baru gambarnya dipindah ke komputer. Hahaha...sempat punya banyak, buat ganti-ganti :D. Sakura ini imut banget sih....lalala...yeyeye...

Itu dulu cerita saya, terima kasih sudah main dan membaca cerita ini :)










3 komentar:

  1. Ooh giru toh ceritanyaaa....
    Saya juga sukaa sama ceritany sakura.
    Tapi jelasin jg dong mba, kaka ny sakura it puny kekuatan jg ga ?
    Yukito itu manusia atau bukan ?
    Endingny sakura it sama syaoran ya ? Hihi

    BalasHapus
  2. Saya jg suka ccs nie. Mang ad issue2 g enak sih. Kk nya sakura tu jg berlebihan bgt jagain sakura nya. Itu jg slh satu yg agak aneh. Pdhl nie murni cerita anak2. Jdi yeah, sayang dgn ada issue2 aneh nya... Well, suka bgt sm rumahnya sakura dech ^-^

    BalasHapus
  3. Saya jg suka ccs nie. Mang ad issue2 g enak sih. Kk nya sakura tu jg berlebihan bgt jagain sakura nya. Itu jg slh satu yg agak aneh. Pdhl nie murni cerita anak2. Jdi yeah, sayang dgn ada issue2 aneh nya... Well, suka bgt sm rumahnya sakura dech ^-^

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)