Jumat, 08 November 2013

[GDOTD] Hari lahir Hermann Rorschach

Halo temans ^____^

Apa kabar hari ini? Semoga sehat semua ya.

Doodle di halaman utama Google hari ini merayakan hari lahir bapak Hermann Rorschach. Siapakah beliau? 


Hermann Rorschach (8 November 1884 - 1 April 1922) adalah seorang psikiater dan psikoanalis Freudian Swiss. Beliau terkenal sebagai orang yang mengembangkan sebuah tes proyektif, dikenal sebagai tes inkblot Rorschach. Tes ini dirancang untuk mencerminkan bagian bawah sadar dari sebuah kepribadian yang "diproyeksikan" ke dalam satu bentuk rangsangan (stimuli). Dalam tes, individu akan diperlihatkan 10 inkblots - satu per satu waktu - dan diminta untuk melaporkan benda atau tokoh apa yang mereka lihat di masing-masing inkblot.






Doodle-nya berwarna hitam dan putih, merupakan versi kartun Herman Rorschach yang sedang duduk sambil memegang buku catatan dan pena. Sementara orang yang dites (dalam hal ini pengguna Google), digambarkan dengan tangan yang memegang lembaran inkblot. Berdasar keterangan di atas, tes Rorschach terdiri dari 10 lembar inkblot, tapi tadi iseng menghitung versi Google, ternyata ada 28 gambar :D. Berhubung saya tidak mengetahui apa saja lembaran inkblot di tes Rorschach, saya juga tidak tahu mana yang asli mana yang tambahan Google. Nah, kita sebagai pengguna kemudian didorong untuk berbagi interpretasi kita terhadap inkblot tersebut di Google Plus, Facebook atau Twitter.

Interpretasi saya?

Gambar 1 : ada kupu-kupu di atas kepala kucing. Kepala kucingnya seperti dipakaikan pita atau semacam kerah baju berwarna putih.

Gambar 2 : ada 2 dinosaurus, masing-masing sedang bermain dengan sebuah bola.

Gambar 3 : ada 2 kurcaci sedang bergandengan tangan.

Okeeeeh, sila menikmati Google Doodle hari ini. Buka halaman Google dan interpretasikan apa yang dilihat di lembaran inkblot Rorschach.

Salam,

Dina





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)