Kamis, 07 November 2013

[RANDOM] Tentang Grup Idol Perempuan di Jepang

Halo temans ^____^

Apa kabar semuanya? Semoga sehat ya.

Beberapa hari yang lalu, ada berita tentang salah satu anggota grup idol yang memutuskan untuk keluar (graduate). Siapa? Anissa Chibi? Ya, itu benar. Hihihi...bukan, saya bicara tentang Stella JKT48. Eh, Dina penggemar JKT48?  Haaa...tidak, saya hanya pengamat bukan penggemar fanatik atau wota garis keras :D. Kalau suka dengan lagu-lagunya, saya dengarkan, cari informasi mengenai mereka, lihat video musiknya seperti apa. Cuma sekedar itu saja. 

Saya terseret dengan musik grup idol dari Jepang, dimulai dari anime Hikaru No Go yang diputar di ANTV (kalau nggak salah...). Yang membuat saya terkesima adalah opening soundtracknya, berjudul Get Over dinyanyikan oleh Dream. Anggota grup Dream ini adalah hasil audisi yang diadakan oleh Avex Group, yaitu Avex Dream 2000. Saya ingat sekali, betapa susah mencari CD album yang direlease grup idol. Yang banyak beredar adalah CD album musisi rock Jepang. 


Dream
sumber : http://dream-ldh.jp/index.php

Makin ke sini, makin banyak CD album grup idol yang masuk. Walaupun nggak bisa didapat di toko musik seperti Disc Tara atau Duta Suara, karena kebanyakan hanya dijual di toko khusus musik Jepang/Hongkong/Taiwan. Waktu saya berkantor di sebelah Gajah Mada Plaza, saya sering menyambangi toko musik tersebut. Dari situlah saya kenal dengan grup idol keluaran Hello Project (Up Front Agency), yaitu Morning Musume dan Berryz Koubou, disusul dengan C-Ute. Setelah saya cari-cari informasinya, yang ngetop duluan di Jepang adalah Morning Musume (dibentuk tahun 1997), dan untuk menyainginya Avex Group merelease Dream. Grup idol keluaran Hello Project ini mencapai gelombang puncaknya di pertengahan tahun 2000-an.

Morning Musume
sumber : http://www.helloproject.com/morningmusume/

Tahun 2005 sebuah grup idol baru lahir di Akihabara (Tokyo), tempat berkumpulnya para maniak gadget, anime dan game. Diproduseri Yasushi Akimoto, dan mempunyai konsep idol yang bisa ditemui setiap hari. Konsep ini dipenuhi dengan adanya pertunjukan musik dan tari di theater mereka, setiap hari. Theaternya sendiri tentu saja di daerah Akihabara. Ah iya, nama grup idol ini AKB48 dan Akimoto-san tidak puas dengan hanya AKB48, lalu mengeluarkan beberapa sister grup (48 family) yaitu SKE48 (Nagoya), NMB48 (Osaka), HKT48 (Hakata), SNH48 (Shanghai) dan JKT48 (Jakarta). Kalau ada yang kurang, info yeee...daripada saya digetok wota.

AKB48
sumber : http://www.akb48.co.jp/

Apa kesamaan di antara 3 idol grup ternama (pada masanya) ini? 

Pertama, anggotanya banyak :D. Dream, awal mulanya hanya 3 orang, tapi setelah vokalis utamanya cabut, diadakan audisi lagi, dan berkembang jadi 7 orang. Posisi yang aktif dari tahun 2012 - sekarang ada 4 anggota. Morning Musume, lebih banyak lagi. Data terakhir anggotanya ada 10 orang. AKB48, mwahahaha...jauh lebih banyak. Katanya sih, sekarang ada 88 anggota aktif yang terbagi jadi 4 tim. 

Kedua, jualan utamanya adalah tari dan musik. Untuk urusan tari, saya salut dengan semua grup idol yang ada. Nggak gampang mempelajari dan menghafal koreografi tari, apalagi harus menyelaraskan gerakan dengan anggota grup yang lain. Belum lagi kalau harus tetap tersenyum dan terlihat ceria selama pertunjukan. Untuk urusan musik, ahem...menurut saya lewat. Dari beberapa anggota grup, biasanya hanya 2-3 orang yang suaranya bagus. Yang lainnya, menutupi kekurangan suara dengan bernyanyi ramai-ramai. Harus tampil live? Jangan khawatir, ada sistem suara yang mendukung (baca : beberapa melakukan lipsync). Kalau membandingkan antara versi rekaman dan versi live tanpa lipsync, pasti akan kelihatan jauuuh bedanya. Oleh karenanya, kalau melihat video grup idol ini di YouTube, saya lebih sering mencari video musik daripada pertunjukan live :).

Berryz Koubou
sumber : http://www.helloproject.com/berryzkobo/

Ketiga, menjual daya tarik dan keseksian anggotanya. Hmmm, kalau di Jepang hal seperti itu memang sudah biasa. Beberapa anggota yang dianggap menonjol, pasti akan meluncurkan album kumpulan foto. Entah itu foto tentang kegiatan si anggota, sesi foto sebagai model, atau khusus yang berbikini. Saya sendiri belum pernah melihat album kumpulan foto yang berbikini ya, cuma kalau googling nama salah satu anggota, biasanya ada muncul beberapa foto yang pakai bikini...o_O. Juga perhatikan kostum panggung yang dipakai atau di musik video. Rok pendek yang amat sangat di atas lutut, juga sepatu boot tinggi. Saya yang perempuan saja suka melihatnya, apalagi cowok-cowok...*nyengir*

Keempat, sama-sama menerapkan aturan yang ketat di dalam grup. Seperti, tidak boleh ada hubungan asmara antara anggota dengan laki-laki, tidak boleh ada interaksi khusus antara anggota dengan penggemarnya, atau tidak boleh menimbulkan skandal yang heboh. Jadi inget dulu ketika Ai Kago (Morning Musume) kedapetan merokok di salah satu kafe, pihak manajemen langsung menjatuhkan sanksi yang lumayan berat, nggak boleh tampil berapa bulan waktu itu ya...

JKT48
sumber : http://www.jkt48.com/

Kelima, sama-sama mulai turun popularitasnya ketika anggota yang dianggap sebagai ace atau face of the group, memutuskan untuk keluar (graduate). Dream mulai turun popularitasnya sejak Mai Matsumuro memutuskan untuk keluar dan bersolo karir. Morning Musume juga mulai turun sejak beberapa anggota seniornya memutuskan keluar. AKB48? Karena anggotanya masih banyak, sepertinya popularitas AKB48 belum turun. Tapi banyak yang berkomentar sejak Atsuko Maeda keluar, pamor AKB48 tidak seperti dulu lagi. Balik ke atas, bagaimana nasib Cherrybelle setelah ditinggal Anissa, atau JKT48 setelah Stella keluar? Moga-moga tetap bertahan ya...:)

Masih banyak grup idol perempuan yang lain di Jepang. Saya menulis di atas berdasarkan yang saya amati dan saya dengarkan lagu-lagunya. Pengamatan saya juga belum dalam, jadi mohon maaf kalau ada yang tidak berkenan dengan tulisan saya. Jadi, ada yang mau menambahkan? Sila berkomentar di kolom komentar di bawah ya, cuma pakai nama yaah...:)

Sebagai bonus, saya kasih video musik Get Over dari Dream, semoga nggak dibanned sama YouTube. Kenapa saya pilih lagu ini? Karena sampai sekarang saya belum bosan dengan lagu ini :). Selamat menikmati!




Salam,

Dina






5 komentar:

  1. Kalo aku sih lebih ke Hello! Project khususnya Morning Musume dari pada AKB48..
    Karena, kalo Momusu itu lebih ngejual kualitas vokal sama dance nya, kalo AKB48 itu kan ngejual proses..
    Coba bandingin, di H!P itu audisiny bener2 audisi, nyari skill calon member yg bener2 punya ciri khas dan kualitas yg bagus..
    Audisi yg palng akhir ini (ke-12) gk ngelolosin 1 orang pun karena tdk ada yg memenuhi syarat menjadi member dgn tema "gadis masa depan"..
    Kalo kakak tau tentang Momusu, pasti tau kan kalo di single2 nya Momusu ada yg nama nya Even V (semua member nyayi secara solo)..??
    Nah, dari situ kualitas vokal member Morning Musume teruji..
    Lagu2 Momusu juga gk simple, kalo ada yg mau mengcover lagunya pasti pikir2 dulu, karena susah..
    Menurutku AKB48 itu juga bagus, tapi karena hanya menjual proses, berarti ada yg mulai bagus dan ada juga yg stag gk ada peningkatan..
    Aku sering liat dance nya sering gk kompak dan lagu2 nya juga simple,, kalo ada yg mau cover lagunya gampang, apalagi anggota yg jadi ace mulai banyak yg graduate (di tahun 2013 banyak banget)..

    Sekarang coba dilihat dari penjualan single nya..
    Jujur emang AKB48 penjualannya lebih dari 1 juta kopi,,, tapi, kalo diamati penjualannya menurun (mulai dari Sayonara Crawl).. nah beda sama Morning Musume,, walaupun sekarang penjualannya cuma lebih dari 100 ribu kopi,, tapi perlahan-lahan mulai naik (mulai dari Help me!!) anggota H! P yg lain juga kenyakan penjualannya naik (Berryz Koubou, ℃-ute, S/mileage, Juice=Juice)..

    Aku ngomong ini bukan karena aku benci AKB48 atau apa,, Aku suka AKB48 juga & punya lagu2..
    Tapi yg aku omongin itu dari yg aku liat beberapa waktu ini..
    Kayaknya penjualan single AKB48 yg mulai menurun karena terlalu jeda pengeluaran single nya terlalu cepat dibanding 48 family yg lain.. Tapi hal yg sama juga terjadi dgn sister nya yg ad di Jepang, kecuali HKT48 (mungkin karena membernya masih fresh) di single yg terakhir pasti penjualannya lebih sedikit dari single yg sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwooo...panjaaaaang...
      Hahaha, terima kasih ya... Saya di sini sebagai pengamat, walau tidak mengamati sampai detail juga. Selama lagu mereka menyenangkan untuk didengar, saya akan dengarkan. Mungkin...ini yang disebut first impression? Karena saya tidak berani untuk menyelam terlalu dalam di dunia idolling...^^

      Hapus
    2. lebih bagus AKB48 dari siapapun! walau aku lihat kostum Berryz Kobo unik!
      AKB48 lebih popular karena mereka memiliki sister di luar Jepang! saya tekankan AKB48 paling bagus! "veriwahyudi85@yahoo.com" ni fb qu

      Hapus
    3. Hahaha, selow mas...

      Makasih udah urun komennya.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)