Sabtu, 30 November 2013

[SATURDAY PLAYLIST] Songs from Yuki Kajiura

Halo temans ^____^

Apa kabarnya hari ini? Semoga semua sehat ya.

Ejiyeeeeh...Sabtu malamnya ke mana niiih? Saya sama suamik jalan-jalan sebentar ke pusat belanja yang dekat dari rumah, CBD Mall. Makan malam saja, sambil memperhatikan orang-orang yang datang dan pergi ke restoran, yang ternyata malam ini ramai banget. Habis gajian kali ya ;). Seperti janji saya di twitter tadi siang, kali ini saya akan membuatkan playlist lagu-lagu ciptaan Yuki Kajiura. Saya sering menyebut dia sebagai musisi Jepang favorit saya, tapi saya belum pernah kasih dengar lagunya kayak apa saja.

Siapakah Yuki Kajiura?

Yuki Kajiura adalah seorang musisi Jepang. Peranannya banyak, sebagai komposer, produser, penyanyi latar, dan pemain piano/keyboard. Pokoknya keren banget, serba bisa. Sudah begitu, menurut saya, kebanyakan lagunya bernuansa magical gitu. Beliau lahir di Tokyo, tanggal 6 Agustus 1965. Sudah bermain musik sejak tahun 1972 (umur 7 tahun ya bok...) dengan mendampingi ayahnya bermain piano. Ikut pindah bersama keluarganya ke Jerman Barat karena ayahnya dipindah bertugas ke sana. Sebelum meninggalkan Jepang, beliau menciptakan lagu yang berjudul "Thank You, Goodbye", ditujukan untuk neneknya yang akan ditinggalkan di Jepang.


Beliau pindah kembali ke Jepang saat duduk di sekolah menengah, dan tidak lagi menulis lagu sampai akhir masa remajanya. Beliau lulus dari perguruan tinggi dan mulai bekerja sebagai programer sistem sampai tahun 1992. Tapi ternyata panggilan bermusik lebih kuat, dan akhirnya beliau lebih memilih berkarir di dunia musik. Debut musik pertamanya adalah sebuah band bernama See-Saw, dengan Chiaki Ishikawa sebagai vokalisnya.

ki-ka : Kaori Oda, Hikaru Masai, Yuuka Nanri, Yuki Kajiura, Keiko Kubota, Wakana Ootaki, Yuriko Kaida

See-Saw mengeluarkan 6 buah single dan 2 buah album, sebelum akhirnya bubar pada tahun 1995. Yuki Kajiura meneruskan karirnya di dunia musik sebagai komposer solo, menulis soundtrack untuk beberapa anime, TV, iklan, video game, dan juga berkolaborasi dengan beberapa musisi lain. See-Saw reuni di tahun 2001, dan menciptakan lebih banyak single yang hits. Pada tahun yang sama, Kajiura mulai bekerja sama dengan Mashimo Koichi untuk proyek musik anime Noir, yang pada akhirnya terus bekerja sama dengan proyek yang lain.

Sampai sekarang, Yuki Kajiura masih terus berkarya di dunia musik. Masih bekerja sama dengan Kalafina dan FictionJunction (yang semua vokalisnya bersuara bagus, makanya saya sebut Utahime). Saking bagusnya semua lagu beliau, pengennya saya taruh semua di playlist hari ini. Akhirnya saya pilih 10 lagu, yang bagus menurut saya. Mungkin menurut yang lain, ada yang lebih bagus lagi. Ini dia...


Dinikmati saja lagunya, jadi saya tidak akan membahas satu-satu tentang lagunya. Terlalu indah untuk dibahas kapan dirilis, merupakan single atau bukan, soundtrack atau game...

Selamat menikmati musik Sabtu malam ini (^o^)/

Salam,

Dina




1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita ini.
Sila berkomentar tentang tulisan saya di sini. Saya lebih menghargai jika komentar yang diberikan sesuai dengan isi posting blog dan tidak ANONIM. Kalau ada alamat blog, cantumkan saja nanti saya main ke sana :)